(GFD-2024-22846) [HOAKS] Emiliano Martínez Lebih Pilih Bermain Bersama Ronaldo Ketimbang Messi

Sumber:
Tanggal publish: 20/09/2024

Berita

KOMPAS.com- Sebuah video diklaim menampilkan pernyataan penjaga gawang Argentina, Emiliano Martínez bahwa dia memilih bermain bersama Cristiano Ronaldo ketimbang Lionel Messi.

Namun, setelah ditelusuri video tersebut merupakan hasil manipulasi

Video yang menampilkan Emiliano Martínez mengatakan memilih bermain bersama Ronaldo dibanding Messi muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, ini.

Dalam video tersebut Martinez ditanya "Messi or Ronaldo". Kemudian ia menjawab:

I will say for me play to him Cristiano

Video diberi keterangan teks sebagai berikut:

Emi Martinez juga Pilih Ronaldo daripada Messi. Akhirnya dia mengatakan yang sebenarnya

Hasil Cek Fakta

Ketika diamati, gerak bibir dan perkataan Emiliano Martinez atau Dibu dalam video terlihat tidak sinkron.

Tim Cek Fakta Kompas.com kemudian menelusuri video tersebut menggunakan teknik reverse image search. Hasilnya, video identik dengan yang ada di kanal Youtube Mirror Football ini.

Dalam video aslinya, Dibu Martinez ditanya pendapatnya mengenai sosok rekannya di timnas Argentina, Julian Álvarez yang akan bergabung dengan Manchester City pada 2022.

Menurut Martinez, Alvarez memiliki talenta luar biasa, rendah hati dan pekerja keras. Martinez memiliki keyakinan bahwa Alvarez akan menjadi bintang sepak bola.

Adapun sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid, Martinez mengatakan bahwa ia lebih memilih bermain bersama Ronaldo dibanding Messi.

Kesimpulan

Video yang menampilkan Emiliano Martínez mengatakan memilih bermain bersama Ronaldo dibanding Messi merupakan hasil manipulasi.

Dalam video aslinya Martinez ditanya soal rekannya di timnas Argentina, Julian Alvares yang bergabung dengan Manchester City pada 2022. Tidak ada pernyataan soal Messi atau Ronaldo dalam video itu.

Rujukan