(GFD-2024-22836) [PENIPUAN] Rosianna Silalahi Promosi Ramuan Hipertensi

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 23/09/2024

Berita

Jika Anda menghadapi penyakit kardiovaskular, gunakan metode unik ini untuk sepenuhnya menyembuhkannya besok dengan kepastian 100%.
GUNAKAN MINUMAN LEGENDA INI DENGAN AKAR JAHE UNTUK SEPENUHNYA MENGHILANGKAN HIPERTENSI DALAM 27 JAM

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun di media sosial Facebook mengunggah video yang menampilkan Pemimpin Redaksi Kompas TV Rosianna Silalahi mempromosikan ramuan yang dapat mengobati hipertensi. Jurnalis yang akrab disapa Rosi itu menyebut nama Isman Firdaus, yang diklaim sebagai dokter yang merekomendasikan ramuan tersebut.

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar, video tersebut mirip dengan unggahan di kanal Youtube Kompas TV pada Maret 2024 yang berjudul “Keren! Ginting dan Jonatan Masuk Daftar 5 Besar Tunggal Putra Dunia | ROSI”. Dalam video tersebut tidak ditemukan pernyataan Rosi mengenai ramuan penyembuh hipertensi.

Malui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan klaim mengenai Rosianna Silalahi mempromosikan ramuan yang dapat mengobati hipertensi adalah salah. Video Rosianna Silalahi merupakan hasil manipulasi dengan AI sehingga suara terdengar mirip dengan suara aslinya.

Kesimpulan

Klaim mengenai Rosianna Silalahi mempromosikan ramuan yang dapat mengobati hipertensi adalah hasil manipulasi dengan AI sehingga suara Rosi terdengar mirip dengan suara aslinya.

Rujukan