(GFD-2024-22835) [PENIPUAN] Poster Rekrutmen BUMN Tanpa Syarat Minimal Pendidikan

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 23/09/2024

Berita

REKRUTMEN BERSAMA BUMN (RBB) 2024 RESMI DIBUKA TANPA MINIMAL PENDIDIKAN RESMI DIBUKA LOWONGAN KERJA TANPA MINIMAL PENDIDIKAN KLIK LINK DESKRIPSI….!!!!

Hasil Cek Fakta

Ditemukan sebuah unggahan di Facebook menampilkan sebuah poster dari BUMN mengenai adanya Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024. Dalam poster tersebut terdapat foto dari Menteri BUMN, Erick Thohir, disertai dengan kalimat bahwa rekrutmen kerja ini tidak ada syarat minimal pendidikan apapun.

Untuk memastikannya, dilakukan pencarian di akun Instagram resmi BUMN (@kementerianbumn). Faktanya memang benar jika BUMN telah merilis poster rekrutmen pada tanggal 23 Maret 2024, akan tetapi di poster resmi BUMN ini terdapat syarat minimal pendidikan yang harus ditempuh untuk melakukan pendaftaran.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika poster yang beredar di Facebook tersebut adalah informasi yang tidak benar. Selain itu berdasarkan poster resmi yang diunggah Instagram BUMN, Rekrutmen Bersama BUMN 2024 ini telah ditutup pada tanggal 1 April 2024 yang lalu.

Dengan demikian dapat disimpulkan jika informasi yang beredar di Facebook tersebut dapat diwaspadai sebagai modus penipuan.

Kesimpulan

Faktanya poster yang beredar di Facebook tersebut telah dimanipulasi, dalam Instagram resmi BUMN disebutkan jika Rekrutmen Bersama BUMN 2024 ini memiliki syarat minimal pendidikan seperti SMA sederajat, D3, D4/S1, dan S2.

Rujukan