(GFD-2024-22831) [SALAH] Majalah Tempo Berjudul “Pusing Ngapusin Jejak Fufufafa di Kaskus”

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 23/09/2024

Berita

“PUSING NGAPUSIN JEJAK FUFUFAFA DI KASKUS”

Hasil Cek Fakta

Akun Facebook Piul Andrio yang posting sebuah gambar cover majalah Tempo dengan judul “PUSING NGAPUSIN JEJAK FUFUFAFA DI KASKUS”. Postingan yang diunggah pada 2 September 2024 pukul 21.03 disertai caption “Pusing ngapusin jejak fufufafa di Kaskus. Percuma dihapus, Prabowo so pasti Juga sudah tahu. Postingan Gibran Rakabuming Raka di fufufafa membuktikan bahwa karakternya yang bersangkutan dari sikapnya ketika debat pilpres memperlakukan Mahmud MD tak berubah watak sesungguhnya ? bagaimana RT 58 RW 02,? ?”.

Melansir dari Tempo.co berdasarkan artikel berjudul “Keliru, Cover Majalah Tempo Bergambar Gibran tentang Jejak Fufufafa di Kaskus” Rabu, 4 September 2024 pukul 17.40 WIB ditemukan informasi bahwa cover majalah Tempo yang ada pada postingan Facebook identik dengan cover majalah Tempo yang dipublish pada edisi 15 Oktober 2023. Jika diperhatikan judul antara postingan Facebook dan cover majalah Tempo asli berbeda, judul yang asli adalah “Gerilya untuk Putra Mahkota”. Dalam edisi tersebut, tempo memberitakan laporan panjang seperti apa upaya Presiden Jokowi yang menduetkan Gibran Rakabuming Raka dengan Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2024. Dalam cover yang asli tidak ada tulisan mengenai “Pusing Ngapusin Jejak Fufufafa di Kaskus”.

Cover majalah Tempo yang menampilkan gambar Gibran disertai judul “Pusing Ngapusin Jejak Fufufafa di Kaskus” tidak pernah diproduksi oleh Tempo, hal tersebut dijelaskan oleh pimpinan redaksi majalah Tempo, Setri Yasra. Cover tersebut merupakan hasil suntingan yang mencatat cover majalah Tempo. Tempo sendiri sangat menjunjung tinggi nilai kejujuran integritas dan konsistensi.

Dengan demikian postingan Facebook cover majalah Tempo dengan judul “Pusing Ngapusin Jejak Fufufafa di Kaskus” merupakan hasil suntingan. Judul yang asli adalah “Gerilya untuk Putra Mahkota” yang di publish tempo pada edisi 15 Oktober 2023, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Postingan Facebook cover majalah Tempo dengan judul “Pusing Ngapusin Jejak Fufufafa di Kaskus” merupakan hasil suntingan.Faktanya, judul yang asli adalah “Gerilya untuk Putra Mahkota” yang di publish tempo pada edisi 15 Oktober 2023.

Rujukan