(GFD-2024-22828) Tidak Benar Merendam Tabung Gas di Air Bisa Atasi Kebocoran

Sumber:
Tanggal publish: 23/09/2024

Berita

tirto.id - Kasus kebocoran tabung Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang tidak tertangani dengan benar selama ini telah mengakibatkan korban luka-luka hingga meninggal. Untuk mengatasi kebocoran tabung gas, beredar di jagat maya informasi soal langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Namun, seperti informasi-informasi lain yang berlalu-lalang di media sosial, beberapa perlu diperiksa kebenarannya. Sebuah video yang diunggah akun Facebook “Sinta Renata” (arsip) misalnya, memuat informasi soal cara mengatasi tabung gas yang bocor dengan merendamnya dalam air.

Klip berdurasi kurang dari satu menit itu memperlihatkan sebuah tabung elpiji 3 kilogram (kg) yang direndam dalam bak berisi air.

“Hal pertama saat keadaan darurat jangan panik. Tips jika tabung gas tiba-tiba bocor. Angkat tabung masukkan ke ember yang berisi air supaya bau gasnya tidak menyebar dan jangan keburu hidupkan api bila bau gasnya belum hilang. Ini berlaku buat yang tinggal di perumahan padat penduduk kalau di desa mah lempar aja di kebon beres deh,” begitu bunyi takarir yang menyertai unggahan.

Video yang diunggah pada Kamis (8/8/2024) ini sudah dibagikan ke 1.100 orang dan meraup 7.800 tanda suka serta 885 komentar.

Cuplikan yang sama pun diunggah oleh akun Tiktok bernama “king8fishing”.

Lantas, benarkah merendam tabung gas di air bisa mengatasi kebocoran?

Hasil Cek Fakta

Usai menyimak video dari awal sampai akhir, Tim Riset Tirto menghubungi Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, untuk memverifikasi klaim yang beredar. Ia menyatakan kalau merendam tabung gas elpiji yang bocor dengan air tak ada pengaruhnya.

“Teknik perendaman hanya untuk mengetahui ada bocor atau tidak. Jika sudah terjadi kebocoran tabung, yang perlu dilakukan adalah meletakkan di ruang terbuka yang tidak dekat dengan sumber api sampai tidak ada bunyi mendesis atau tidak berbau lagi. Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara,” katanya saat dihubungi Tirto, Senin (23/9/2024).

Saat menelusuri klaim ini lewat penelusuran Google, kami menemukan narasi semacam ini sudah beredar sejak 2022. Kantor berita Antara telah memeriksa dan menyatakan klaim langkah mengatasi kebocoran tabung gas dengan merendam air ini tidak benar.

Mengutip situs resmi brightgas.co.id, tabung LPG yang mengalami kebocoran akan mengeluarkan bau khas LPG dan atau terdengar suara mendesis.

Sebelum membawa tabung LPG ke luar ruangan/tempat terbuka seperti halaman rumah, hal yang perlu dilakukan adalah memastikan kompor gas dalam keadaan mati. Kemudian lepaskan regulator dari tabung LPG.

Pengguna juga bisa menghubungi Call Center 135 untuk mendapatkan bantuan penanganan atau penyampaian keluhan terkait produk.

Adapun cara memasang gas LPG dengan benar dan aman antara lain membuka segel plastik, memasang karet atau rubber seal untuk melekatkan tabung gas pada regulator ketika dipasang agar tidak terjadi kebocoran, memasang regulator dengan benar, dan mengunci regulator.

Untuk memastikan pemasangan gas sudah benar, cium apakah ada aroma gas menyengat di dalam ruangan atau tidak, atau bisa juga dengan memeriksa apakah ada bunyi desis pada tabung gas.

Kesimpulan

Hasil penelusuran fakta menunjukkan kalau cara merendam tabung gas dengan air hanya berfungsi untuk mendeteksi adanya kebocoran dan tidak berpengaruh dalam mengatasi kebocoran.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menyatakan, jika sudah terjadi kebocoran tabung, yang perlu dilakukan adalah meletakkan di ruang terbuka yang tidak dekat dengan sumber api sampai tidak ada bunyi mendesis atau tidak berbau lagi.

Dengan demikian, unggahan media sosial yang berisi informasi cara mengatasi tabung gas dengan merendamnya dalam air bersifat salah dan menyesatkan (false & misleading).

Rujukan