(GFD-2024-22758) [HOAKS] Pendiri Alfamart Bagikan Uang Rp 15 Juta di TikTok

Sumber:
Tanggal publish: 18/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial yang mengeklaim pendiri ritel Alfamart, Djoko Susanto, membagikan uang Rp 15 juta.

Narasi itu beredar dalam bentuk video TikTok. Namun, berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks.

Narasi pendiri Alfamart membagikan uang Rp 15 juta dibagikan oleh akun TikTok ini pada Rabu (18/9/2024).

Berikut narasi yang dibagikan:

Djoko Susanto Berbagi

Narasi itu disertai video yang menampilkan Djoko Susanto. Ia mengatakan, akan memberikan uang Rp 15 juta bagi pengikutnya di TikTok.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri kebenaran narasi tersebut dengan mengecek akun Instagram resmi Alfamart.

Dalam unggahan Senin (16/9/2024), Alfamart mengatakan bahwa telah beredar akun media sosial yang mencatut nama Djoko Susanto.

"Kami sampaikan bahwa Bapak Djoko Susanto tidak memiliki atau menggunakan akun media sosial apa pun," demikian penjelasan Alfamart.

Alfamart meminta masyarakat berhati-hati terhadap iming-iming hadiah dari akun-akun penipuan yang mengatasnamakan Alfmart atau Djoko Susanto.

Segala bentuk program promo, hadiah, dan kuis Alfamart bisa dicek pada media sosial resmi Alfamart dan situs resmi alfamart.co.id.

Sementara itu, video TikTok yang menampilkan Djoko Susanto terindikasi dihasilkan oleh perangkat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Situs Deepware melabeli video tersebut "Suspicious" atau "Mencurigakan".

Hasil pengecekan model Deepware menunjukkan, video itu memiliki probabilitas 93 persen dihasilkan AI.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi pendiri ritel Alfamart Djoko Susanto membagikan uang Rp 15 juta adalah hoaks.

Alfamart melalui akun Instagram resmi mengatakan, Djoko Susanto tidak memiliki atau menggunakan akun media sosial apa pun

Rujukan