(GFD-2024-22695) [HOAKS] Akun Facebook Catut Pimpinan BRI Bagikan Undian Berhadiah

Sumber:
Tanggal publish: 17/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar akun Facebook mengatasnamakan Wakil Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Catur Budi Harto, yang membagikan informasi undian berhadiah uang tunai.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, akun Facebook tersebut palsu.

Akun Facebook mengatasnamakan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto membagikan tiga unggahan undian berhadiah pada Kamis (12/9/2024), yaitu ini, ini, dan ini.

Berikut narasi yang dibagikan:

Sobat BRI. Khususnya yang sudah pengguna aplikasi BRImo.!!

Ayo ikuti program undian BRI FESTIVAL berhadiah kami. Anda bisa ikutan daftar secara Gratis. Jangan sia-siakan kesempatan ini & memenangkan Total hadiah.

Rp.10jutaRp.20jutaRp.30juta

Rp.40jutaRp.50jutaRp.60juta

Rp.70jutaRp.80jutaRp.90jutaRp.100juta & Seterusnya sampai 1.Miliar

buruan klik daftar ambil kupon anda sekarang. Hadiah langsung dibagikan ke aplikasi BRImo Anda.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com memeriksa akun Facebook mengatasnamakan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, dan menemukan indikasi bahwa akun itu palsu.

Pertama, akun Facebook tersebut tidak memiliki tanda terverifikasi (centang biru). Kemudian, akun tersebut baru dibuat pada Kamis (12/9/2024).

Semua unggahan adalah informasi undian berhadiah. Tidak ada unggahan yang menunjukkan aktivitas sebagai Wakil Direktur Utama BRI. Akun itu juga hanya memiliki dua pengikut.

Sementara itu, Kompas.com menemukan akun Instagram Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto dengan tanda centang biru, yang artinya telah terverifikasi.

Akun Instagram dengan handle @catur.budi.harto itu dibuat pada Januari 2018, dan mendapatkan status terverifikasi pada Mei 2022.

Akun Instagram tersebut memiliki lebih dari 17.000 pengikut, dan berisi unggahan yang menunjukkan aktivitas Catur Budi Harto selaku Wakil Direktur Utama BRI.

Dari perbandingan kedua akun tersebut, dapat disimpulkan bahwa akun Facebook mengatasnamakan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto adalah akun peniru atau palsu.

Kompas.com telah menghubungi BRI untuk meminta tanggapan terkait temuan akun peniru itu. Namun, BRI belum memberikan tanggapan.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, akun Facebook mengatasnamakan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto adalah akun palsu.

Akun Facebook tersebut tidak memiliki tanda terverifikasi (centang biru). Kemudian, akun tersebut baru dibuat pada Kamis (12/9/2024).

Sementara, akun Instagram Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto telah terverifikasi dan memiliki tanda centang biru. Akun Instagram tersebut dibuat pada Januari 2018.

Rujukan