(GFD-2024-22675) Cek Fakta: Tidak Benar BRI Bagikan Saldo Rp 300 Ribu Program Gebyar BRImo Festival 2024

Sumber:
Tanggal publish: 17/09/2024

Berita


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim BRI bagikan saldo Rp 300 ribu program gebyar BRImo Festival 2024, informasi tersebut dibagikan akun Facebook, pada 14 September 2024.
Klaim BRI bagikan saldo Rp 300 ribu  program gebyar BRImo Festival 2024 berupa tulisan sebagai berikut.
"Program Gebyar BRImo Festival 2024
Seluruh nasabah BRI yang sudah aktif BRImo ikuti pendaftaran dan mendapat saldo aktif sebesar Rp.300.000 dapatkan juga Kupon UndianBRImo Festival dengan cara klik *DAFTAR*Menangkan hadiah menarik berikut ini.
*HADIAH UTAMA*
° 10 tiket umroh
° 5 unit Suzuki Ertiga
° 5 unit Honda HRV
° 5 unit Honda Brio
° 25 unit Motor Beat
° 20 unit Vespa Matic
° 50 unit kulkas LG
° 30 unit handphone Iphone 15pro
° 50 unit sepeda listrik
° 50 unit televisi LG
° 50 unit mesin cuci
° uang tunai ratusan juta rupiah.
Semoga sobat BRI terpilih sebagai salah satu pemenang hadiah undiannya.
#BRImoFSTVL #BRImo"
Tulisan tersebut juga menampilkan tautan yang diklaim sebagai formulir pendaftaran, berikut tautannya.
"https://ceksekarang.year.lat/?fbclid=IwY2xjawFWJ3FleHRuA2FlbQIxMQABHZW-3a7nP0oO_-WQtgJfi-6ZVknpVz2cnYZnsiGRATPJaUShFo_kO0HjRA_aem_5jsx7kxqhTJ6ZM3SDNeLxg"
Benarkah klaim BRI bagikan saldo Rp 300 ribu program gebyar BRImo Festival 2024? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim BRI bagikan saldo Rp 300 ribu program gebyar BRImo Festival 2024, penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Waspada Penipuan Online Mencatut BRI di Media Sosial, Simak Cara Lindungi Diri Anda" yang dimuat situs Liputan6.com, pada 1 September 2024.
Dalam artikel Liputan6.com, Direktur BRI, Andrijanto, mengingatkan agar nasabah tetap waspada dan tidak memberikan informasi pribadi atau data perbankan kepada pihak yang tidak jelas atau tidak resmi.
"Hindari memberikan data pribadi seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, username dan password internet banking, OTP, dan informasi sensitif lainnya melalui tautan atau situs yang tidak terverifikasi," tegasnya.
Belakangan ada pihak yang memanfaatkan nama besar PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) untuk menjerat korban, dengan berbagai modus yang sulit dibedakan dari komunikasi resmi.
Modus yang sering digunakan adalah melalui pesan-pesan yang mengklaim berasal dari BRI, baik melalui email, SMS, maupun media sosial seperti Facebook, X, dan Instagram. Salah satu taktik favorit mereka adalah menawarkan undian berhadiah menggiurkan, mulai dari uang tunai hingga mobil mewah.
Contohnya, bulan lalu, muncul penipuan online yang mengatasnamakan BRImo FSTVL di media sosial. Mereka mengiming-iming hadiah fantastis, namun ternyata itu semua hanyalah jebakan. Link yang mereka bagikan, bukanlah situs resmi BRI.
Ingat, situs resmi BRI hanya dapat diakses melalui https://bri.co.id/. Jika mengecek akun media sosial resmi BRI, khususnya di Instagram @bankbri_id, kamu tidak akan menemukan informasi mengenai BRImo FSTVL.
Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati terhadap informasi yang tidak jelas sumbernya dan selalu memverifikasi keabsahan informasi dari sumber yang terpercaya atau saluran komunikasi resmi BRI.
Saluran resmi BRI meliputi Instagram: @bankbri_id, Facebook: Bank BRI, X: @BankBRI_id, @promo_BRI, dan @kontakBRI, serta TikTok: bankbri_id. Nasabah juga dapat menghubungi Sabrina di nomor 0812 1214 017, melalui email di call@bri.co.id, atau kontak BRI di 1500017, serta mengunjungi www.bri.co.id. #BRI #Sabrina #TanyaSabrinaAja

Kesimpulan


Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim BRI bagikan saldo Rp 300 ribu program gebyar BRImo Festival 2024 tidak benar.
Belakangan ada pihak yang memanfaatkan nama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) untuk menjerat korban penipuan, dengan berbagai modus yang sulit dibedakan dari komunikasi resmi.
Modus yang sering digunakan adalah melalui pesan-pesan yang mengklaim berasal dari BRI, baik melalui email, SMS, maupun media sosial seperti Facebook, X, dan Instagram. Salah satu taktik favorit mereka adalah menawarkan undian berhadiah menggiurkan, mulai dari uang tunai hingga mobil mewah.