(GFD-2024-22659) [KLARIFIKASI] Atlet Agnes Sirait Tidak Dipaksa Pakai Jilbab di PON Aceh-Sumut 2024

Sumber:
Tanggal publish: 13/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Atlet Muay Thai Agnes Sirait, diklaim dipaksa memakai jilbab saat bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi itu keliru dan perlu diluruskan informasinya.

Informasi Agnes Sirait dipaksa pakai jilbab disebarkan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini.

Berikut penggalan narasi yang ditulis salah satu akun pada Sabtu (7/9/2024):

Panitia PON Aceh Tidak Profesional

Agnes Sirait, atlit Muaythai asal Sumut kecewa berat karena sebelum pertandingan disuruh panitia mencari jilbab sebelum pertandingan. Agnes dan pelatih harus mencari jilbab agar bisa bertanding.Tim Muaythai Sumut kaget.

Agnes Sirait asal Desa Lumban Nabolon, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba itu tidak terbiasa pakai jilbab. Agnes Sirait mahasiswi Olahraga Unimed itu juga maham peraturan.

Jika harus pakai jilbab di Aceh, kenapa tidak dikasih tau sejak awal? Bagaimana sudah siap tanding di ring harus cari jilbab, cara memakai jilbab tidak terbiasa. Bukankah pertandingan harus konsentrasi penuh?

akun Facebook Tangkapan layar konten hoaks di sebuah akun Facebook, Sabtu (7/9/2024), mengenai Agnes Sirait dipaksa pakai jilbab saat mengikuti PON Aceh-Sumut 2024.

Hasil Cek Fakta

Agnes Sirait merupakan atlet Muay Thai asal Sumut. Video pertandingannya viral di media sosial karena memakai penutup kepala putih saat bertanding. Misalnya seperti diunggah oleh akun Facebook ini.

Penutup kepala itu bukanlah jilbab, melainkan pelindung kepala. Rambut di belakang kepala Agnes masih terlihat.

Ketua Panitia Penyelenggara Pertandingan Cabang Olahraga Muaythai di PON Aceh-Sumut 2024, Dahlan Jamaluddin memastikan tidak ada diskriminasi dalam perhelatan olahraga tersebut.

"Saya ingin memastikan tidak ada bentuk diskriminasi apapun karena olahraga memiliki ketentuan sendiri secara teknis dan kita tidak mengintervensi itu. Hampir semua daerah (atlet putrinya) tidak menggunakan hijab karena itu memang tidak diatur," kata Dahlan pada Sabtu (7/9/2024) dikutip dari Tempo.

Aturan Muay Thai mengharuskan atlet memakai base layer dari kepala hingga kaki.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pengprov Muaythai Aceh tersebut menjelaskan, base layer berbentuk kain ketat.

"Kontingen dari Aceh juga memakai penutup yang seperti legging itu (base layer) untuk menutupi tangan, kaki, sampai kepalanya," kata dia.

Kesimpulan

Narasi mengenai Agnes Sirait dipaksa pakai jilbab saat mengikuti PON Aceh-Sumut 2024 merupakan informasi keliru.

Faktanya, ia memakai base layer di kepala, bukan jilbab. Rambut masih terlihat di belakang kepala Agnes.

Panitia Penyelenggara Pertandingan Cabang Olahraga Muaythai di PON Aceh-Sumut 2024 memastikan tidak ada diskriminasi dalam perhelatan olahraga tersebut.

Rujukan