(GFD-2024-22652) [SALAH] Video “Gibran tidak bisa membedakan adzan dan takbir”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 09/09/2024

Berita

NARASI: “Gibran tdk bs membedakan adzan dan takbir ran ..:grin:“

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan video hasil MANIPULASI menggunakan Kecerdasan Buatan (AI: Artificial Intelligence), FAKTA: video ASLINYA adalah hasil rekaman yang dibagikan oleh Vicky Jackson di beberapa akun media sosialnya pada tahun 2022 lalu.

Sumber video ASLI, @vickyjackson200 di TikTok pada 23 Feb 2022: “azankan anak malah takbiran#tiktok #baby #bayilucu #viral”

Sumber video ASLI lainnya, @vicky_jackson200 di Instagram pada 26 Feb 2022: “VIRAL anak pertama kami Zain al fatih jackson ni vidio aslinya”

Wolipop pada 5 Mar 2022: “Batam – Dalam ajaran agama Islam, salah satu sunnah Rasul bagi bayi baru lahir adalah mengumandangkan azan. Namun pria yang viral ini bukannya mengumandangkan azan malah takbiran seperti hari Raya Idul Fitri di telinga bayinya. Video tersebut diunggah oleh ayah dari bayi tersebut, lewat akun Instagram @vicky_jackson200. Dalam video unggahannya, ia sedang menggendong bayinya dengan penuh cinta. …” [4]

Artikel periksa fakta yang sebelumnya, “[SALAH] Video Gibran Menyerukan Takbir untuk Seorang Bayi”

Kesimpulan

Hasil MANIPULASI menggunakan Kecerdasan Buatan (AI: Artificial Intelligence), FAKTA: video ASLINYA adalah hasil rekaman yang dibagikan oleh Vicky Jackson di beberapa akun media sosialnya pada tahun 2022 lalu.

Rujukan