(GFD-2024-22634) [HOAKS] Foto Imane Khelif Memiliki Tubuh Seorang Pria

Sumber:
Tanggal publish: 12/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Foto atlet tinju putri Aljazair, Imane Khelif, bertelanjang dada dan bertubuh seperti pria beredar di media sosial.

Sebagai konteks, gender Khelif sempat menjadi kontroversi pada Olimpiade Paris 2024.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, foto tersebut palsu dan dihasilkan dengan perangkat kecerdasan buatan atau AI.

Foto Imane Khelif dengan tubuh seperti pria dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, ini, dan ini, pada Kamis (12/9/2024).

Berikut narasi yang dibagikan:

Inilah petinju WANITA Aljazair, Imane Khelif, yang memenangkan emas di Olimpiade.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek keaslian foto tersebut menggunakan Hive Moderation, yang dapat mendeteksi apakah sebuah foto dihasilkan AI.

Hasilnya, foto Imane Khelif bertelanjang dada terdeteksi memiliki probabilitas mencapai 96,3 persen dihasilkan oleh AI.

Sementara itu, pemeriksa fakta The Quint menemukan gambar yang sama diunggah oleh akun X Midjourney Prompts pada 24 Agustus 2024.

Deskripsi akun Midjourney Prompts menyebutkan, semua gambar yang diunggah oleh akun tersebut dibuat dengan perangkat AI.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Imane Khelif bukanlah transgender.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyatakan Khelif memenuhi syarat berpartisipasi dalam tinju putri.

Meski belum terbukti, Khelif diduga mengalami perbedaan perkembangan seks atau DSD. Penderita DSD tetap diidentifikasi sebagai perempuan.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, foto Imane Khelif dengan tubuh seperti pria yang beredar di Facebook adalah hoaks.

Hasil pemeriksaan Hive Moderation menunjukkan, foto tersebut terdeteksi memiliki probabilitas mencapai 96,3 persen dihasilkan oleh AI.

Rujukan