(GFD-2024-22631) Menkominfo Budi Arie Diklaim Resmi Mundur, Cek Fakta Sebenarnya

Sumber:
Tanggal publish: 03/07/2024

Berita

Menkominfo Budi Arie Diklaim Resmi Mundur, Cek Fakta Sebenarnya

Benarkah Menkominfo Budi Arie resmi mundur? Simak penelusurannya

Menkominfo Budi Arie Diklaim Resmi Mundur, Cek Fakta Sebenarnya

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi didesak mundur buntut server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) diretas.

Di media sosial beredar jika Budi Arie resmi mundur dari jabatan sebagai Menkominfo, pada 1 Juli 2024. Narasi tersertakan video yang menampilkan Budi Arie sedang berjalan mundur.

"Menkominfo Budi Arie resmi mundur," narasi dalam unggahan salah satu akun X.

Benarkah Menkominfo Budi Arie resmi mundur? Simak penelusurannya:

Hasil Cek Fakta

Setelah dilakukan penelusuran, video Menteri Budi dengan narasi resmi mundur termasuk hoaks satir.

Di mana mundur yang dimaksud dalam unggahan tersebut Menteri Budi Arie diedit berjalan mundur. Bukan dirinya yang resmi mundur dari jabatannya.

Satir adalah konten yang dibuat untuk menyatakan sindiran pada seseorang, sebuah organisasi, pemerintah, atau masyarakat dengan menggunakan parodi, ironi, atau sarkasme.

Hasil pengecekan yang dilakukan, diketahui video tersebut serupa dengan unggahan Kompas TV yang berjudul “Menteri Kominfo Budi Arie Tanggapi Dugaan Kebocoran Data Dukcapil” dan di-reverse.

Sebelumnya, Sejumlah masyarakat mendesak Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mundur dari jabatannya. Desakan ini muncul buntut server Pusat Data Nasional (PDN) dibobol hacker.

Budi Arie menjawab desakan tersebut. Dia mengatakan, masyarakat berhak menyampaikan desakan agar dirinya mundur dari kursi Menkominfo.

“No komen soal itu. Itu haknya masyarakat untuk bersuara,” kata Budi Arie, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/6) malam.

Kesimpulan

Budi Arie resmi mundur sebagai Menkominfo adalah tidak benar. Faktanya video yang beredar merupakan satir.

Sampai saat ini Budi Arie masih menjalankan tugasnya sebagai Menkominfo.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Rujukan