(GFD-2024-22614) [HOAKS] Baim Wong Bagikan Mobil untuk Warga Timor Leste

Sumber:
Tanggal publish: 12/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar informasi mengenai pemberian hadiah atau giveaway mobil untuk 10 warga Timor Leste mengatasnamakan artis Indonesia, Baim Wong.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut hoaks.

Informasi giveaway mobil untuk warga Timor Leste mengatasnamakan Baim Wong dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini, pada Kamis (12/9/2024).

Berikut narasi yang dibagikan:

BAIM WONG BAGI BAGI MOBIL UNTUK 10 WARGA NEGARA TIMOR LESTE

JAWAB PERTANYAAN DI BAWAH INI. SIAPA NAMA ANAK PERTAMA BAIM WONG?

A.KIANO TIGER WONGB.RAFATAR KENZO

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, akun Facebook dan media sosial resmi Baim Wong lainnya tidak mengunggah informasi giveaway tersebut.

Sebelumnya, nama Baim Wong kerap dicatut untuk penipuan dengan modus giveaway.

Dilansir Antara, pada April 2023, Polda Sumut meringkus MK, penipu yang mencatut nama Baim Wong untuk melancarkan penipuan.

Penipu mengiming-imingi korban dengan hadiah besar dengan syarat korban harus mengirimkan uang transfer terlebih dahulu.

Adapun Baim Wong dan pasangannya, Paula Verhoeven, pada 19 Juli 2021, telah menegaskan bahwa mereka hanya mengadakan giveaway melalui akun Instagram dan Youtube resmi.

Selain itu, pelaksanaan giveaway selalu dilakukan secara live dan memiliki jam tersendiri. Hal itu dilakukan untuk menghindari penipuan.

Kesimpulan

Berdasaran penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi giveaway mobil untuk warga Timor Leste mengatasnamakan Baim Wong adalah hoaks.

Setelah ditelusuri, akun Facebook dan media sosial resmi Baim Wong lainnya tidak mengunggah informasi giveaway tersebut.

Baim Wong dan pasangannya, Paula Verhoeven, pada 19 Juli 2021, telah menegaskan bahwa mereka hanya mengadakan giveaway melalui akun Instagram dan Youtube resmi.

Rujukan