(GFD-2024-22613) [KLARIFIKASI] Konteks Keliru, Video Ini Bukan Penyambutan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal

Sumber:
Tanggal publish: 12/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar video yang diklaim sebagai penyambutan Paus Fransiskus ketika datang ke Masjid Istiqlal, Jakarta.

Video memperlihatkan sejumlah orang dalam balutan merah dan putih, serta menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Namun, setelah ditelusuri video tersebut dibagikan dengan konteks keliru. Video tidak memperlihatkan kedatangan Paus Fransiskus ke Masjid Istiqlal.

Video yang diklaim sebagai penyambutan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini, ini dan ini.

Akun tersebut membagikan video yang menampilkan sejumlah orang memakai pakaian merah putih menyanyikan lagu "Indonesia Raya" di dalam masjid. Video diberi keterangan:

*Penyambutan Paus Fransiskus di Istiqlal ???? keanehan di akhir zaman..!**Di era Mukidi dalam kurun waktu 10th ini fungsi masjid Istiqlal sudah rusak parah dan lebih parahnya lagi ketika Menagnya Yakult ini..!*

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook video yang dikalim sebagai penyambutan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal

Hasil Cek Fakta

Berdasarakan penelusuran yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com video tersebut identik dengan ungggahan akun X ini. 

Dalam unggahan terdapat tautan pemberitaan di laman Republika yang menyebut acara tersebut adalah zikir nasional, doa bersama, dan pengajian anti gempa, manaqib bersama ulama Abah Aos pada 31 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut diawali dengan qiyamul lail atau shalat malam, zikir, shalat Subuh, manaqib Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani, dan ditutup ceramah agama.

Direktur Pendidikan Pesantren Peradaban Dunia Jagat Asy, Tata Masta mengatakan, jemaah yang menghadiri acara tersebut menggunakan pakaian merah putih, kupluk serta peci sebagai ekspresi peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Tata juga menegaskan, kegiatan itu tidak ada kaitannya dengan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

Adapun video penyambutan Paus Fransikus di Majid Istiqlal pada 6 September 2024 bisa dilihat di sini.

Ketika tiba di Masjid Istiqlal Paus Fransiskus disambut oleh kelompok anak yang menabuh marawis.

Kesimpulan

Unggahan video yang diklaim sebagai penyambutan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal dibagikan dengan informasi yang keliru.

Video aslinya adalah zikir nasional, doa bersama, dan pengajian anti gempa, serta manaqib bersama ulama Abah Aos pada 31 Agustus 2024 di Majid Istiqlal. Acara itu dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, dan tidak terkait kedatangan Paus Fransiskus.

Rujukan