(GFD-2024-22610) Waspada Penipuan Giveaway Mobil Bagi Warga Timor Leste Catut Nama Baim Wong

Sumber:
Tanggal publish: 12/09/2024

Berita

Waspada Penipuan Giveaway Mobil Bagi Warga Timor Leste Catut Nama Baim Wong

Benarkah Baim Wong mengadakan giveaway dengan memberikan mobil bagi 10 warga Timor Leste terpilih?

Beredar informasi terkait pemberian hadiah atau giveaway berupa mobil untuk 10 warga Timor Leste terpilih yang mengatasnamakan artis Indonesia, Baim Wong.

Dalam postingan yang diunggah oleh akun Facebook @BAIM WONG Berbagi Hadiah dan @Berikan Timor Leste, dijelaskan bahwa untuk mendapatkan hadiah, kita perlu menjawab pertanyaan yang tertera pada postingan dan kemudian mengirim jawaban melalui ikon pesan.

Lantas benarkah Baim Wong mengadakan giveaway dengan memberikan mobil bagi 10 warga Timor Leste terpilih? Simak penelusurannya.

Hasil Cek Fakta

Merdeka.com melakukan penelusuran dengan mencari informasi resmi terkait pemberian giveaway mobil kepada warga Timor Leste pada setiap akun sosial media milik Baim Wong. Hasilnya, tidak ada satupun akun sosial media miliknya yang memberikan informasi terkait pemberian hadiah tersebut.

Selain itu, menurut catatan merdeka.com pada April 2023 Polda Sumut meringkus MK (25) penipu giveaway yang mencatut nama Baim Wong. Pelaku berhasil menipu korban sebesar Rp 20 juta melalui jejaring media sosial Facebook.

Nama Baim Wong memang sering digunakan sebagai modus penipuan pemberian hadiah.

Adapun Baim sering mengingatkan publik melalui akun Instagram miliknya, @baimwong agar tidak mudah percaya terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan dirinya, seperti unggahannya pada 28 September 2022 dan 2 Januari 2023.

Kesimpulan

Informasi terkait pemberian hadiah berupa mobil kepada 10 warga Timor Leste yang mengatasnamakan Baim Wong merupakan penipuan. Pasalnya, kasus ini bukanlah yang pertama dimana penipu mengatasnamakan Baim Wong dalam aksi penipuannya.

Baim sendiri sering mengingatkan publik melalui akun Instagram miliknya agar tidak percaya terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan dirinya seperti unggahannya pada 28 September 2022 dan 2 Januari 2023.

Jangan mudah percaya dan periksa setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi:

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0ZxpWTn9XdK2VeTHiazXgNWeY4jtfEkmm5xhM7CRJqerSSxhoDqh1rV15gVdGu2uJl&id=61559863127357

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid02258LRyJWQ9Mraid9tEJnpXJL47sT3hF6wkXa948JKrrQ5oSUWXrKTEDVdErcFjh8l&id=61561852277867

https://www.merdeka.com/sumut/baim-wong-datangi-polda-sumut-atas-penipuan-yang-mencatut-namanya-ini-faktanya.html?page

Rujukan