(GFD-2024-22605) [HOAKS] Maarten Paes Tahan Penalti Pemain Arab Saudi karena Kode dari Ronaldo

Sumber:
Tanggal publish: 12/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Sebuah video mengeklaim bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo memberi kode kepada kiper tim nasional Indonesia, Maarten Paes saat menahan tendangan penalti pemain Arab Saudi. 

Indonesia berhasil mengimbangi Arab Saudi dengan skor 1-1 dalam laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Kamis (5/9/2024).

Di pertandingan itu Paes tampil impresif dengan melakukan beberapa kali penyelamatan, salah satunya ketika ia mementahkan tendangan penalti Salem Al Dawsari.

Video yang diklaim menampilkan Ronaldo memberikan kode kepada Maarten Paes saat menahan tendangan penalti pemain Arab Saudi muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini.

Video itu menampilkan dua klip saat Maarten Paes menahan tendangan penalti dan Ronaldo yang memberikan aba-aba.

Berikut narasi yang disampaikan:

Momen Ronaldo Beri Kode Marten Paes Saat Pinalty

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook video yang diklaim menampilkan Ronaldo memberi kode kepada Maarten Paes saat menahan tendagan penalti pemain Arab Saudi

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, video yang menampilkan Ronaldo identik dengan yang ada di kanal YouTube ini. Klip yang menampilkan Ronaldo bisa dilihat pada menit 34:33. 

Klip itu adalah momen ketika Ronaldo yang membela Al Nassr melihat pertandingan timnya melawan Inter Miami pada 2 Februari 2024 dalam laga persahabatan bertajuk Riyadh Season Cup. 

Diberitakan Kompas.com, dalam pertandingan itu Al Nassr berhasil mengalahkan Inter Miami dengan skor 6-0 di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi.

Ronaldo tidak bisa tampil di pertandingan tersebut karena sedang dalam tahap pemulihan cedera betis. 

Inter Miami juga tidak menurunkan bintang mereka, Lionel Messi sebagai starter. Messi baru dimainkan pada menit ke-83 menggantikan Leonardo Campana.

Kesimpulan

Konten yang diklaim menampilkan Ronaldo memberikan kode kepada Maarten Paes saat menahan tendangan penalti pemain Arab Saudi tidak benar atau hoaks.

Video aslinya adalah momen ketika Ronaldo menyaksikan pertandingan antara Al Nassr melawan Inter Miami pada 2 Februari 2024. 

Rujukan