(GFD-2024-22596) [KLARIFIKASI] Video Perlihatkan Paus Fransiskus Pimpin Kanonisasi, Bukan di Kedubes Vatikan Jakarta

Sumber:
Tanggal publish: 11/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Kedatangan Paus Fransiskus ke Jakarta selama empat hari pada awal September 2024 memang menarik perhatian netizen, namun ada sejumlah unggahan yang informasinya keliru.

Misalnya, beredar video yang diklaim menampilkan momen Ketika Paus Fransiskus mengunjungi Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Namun, setelah ditelusuri video tersebut dibagikan dengan informasi yang keliru.

Video yang diklaim menampilkan Paus Fransiskus mengunjungi Keduataan Vatikan, di Jakarta muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Instagram ini dan TikTok ini.

Berikut narasi yang disematkan dalam unggahan itu:

Paus FRANSISKUS

Berada di Kedutaan Besar Takta Vatikan, Jakarta Pusat

Bapak Paus FRANSISKUS berkunjung ke kedutaan besar takta vatikan, Jakarta Pusat@sorotan #pengikutfbpro #reelspublik #PAUSFRANSISKUS #JAKARTAINDONESIA

 

Akun Instagram Tangkapan layar Instagram video yang dikalim menampilkan Paus Fransiskus mengunjungi Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, video tersebut identik dengan yang ada di Instagram @vaticannewspt. Video itu telah diunggah pada 1 Juli 2024.

Dalam keterangannya, video itu adalah momen ketika Paus Fransiskus memimpin pertemuan resmi para kardinal dalam sebuah upacara kanonisasi.

Kanonisasi merupakan proses yang menyatakan seseorang sebagai orang suci dalam Gereja Katolik.

Peristiwa itu berlangsung di Aula Consistory, Istana Apostolik di Vatikan.

Saat video itu diunggah, Paus Fransiskus belum melakukan kunjungan ke Indonesia. Kunjungan baru dilakukan pada 3-6 September 2024.

Adapun video yang menampilkan momen Paus Fransikus mengunjungi Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta pada 3 September 2024 bisa dilihat di sini.

Dalam kesempatan itu Paus Fransiskus sempat bertemu dengan anak yatim-piatu serta para pengungsi. 

Kesimpulan

Video dengan narasi Paus Fransiskus mengunjungi Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta merupakan informasi yang keliru.

Adapun video tersebut sudah diungggah jauh hari sebelum kunjungan Paus ke Indonesia, yaitu pada 1 Juli 2024. Kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta berlangsung pada 3-6 September 2024.

Video aslinya menampilkan momen ketika Paus Fransiskus memimpin pertemuan resmi para kardinal dalam sebuah upacara kanonisasi di Istana Apostolik, Vatikan.

Rujukan