(GFD-2024-22585) [HOAKS] Ustaz Alfian Tanjung Sebut dalam Islam Diajarkan Bertukar Istri

Sumber:
Tanggal publish: 10/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar tangkapan layar judul artikel di laman Republika yang menyatakan Ustaz Alfian Tanjung mengatakan bahwa dalam Islam diajarkan untuk bertukar istri.

Setelah ditelusuri, unggahan tersebut merupakan hasil manipulasi, sehingga informasinya dipastikan hoaks.

Narasi yang mengeklaim Ustaz Alfian Tanjung mengatakan dalam Islam diajarkan untuk bertukar istri muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini, ini dan ini.

Akun tersebut membagikan tangkapan layar seolah-olah berasal dari artikel di laman Republika yang berjudul:

Ustaz Alfian Tanjung:Di Ajaran Islam Kami Sering Bertukaran Istri

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook narasi yang mengeklaim Ustaz Alfian Tanjung mengatakan dalam Islam diajarkan untuk bertukar istri

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com melakukan penelusuran di laman Republika, namun tidak ditemukan artikel dengan judul demikian.

Setelah dicek menggunakan teknik reverse image search, gambar dan penulis artikel identik dengan unggahan di laman Republika pada 2020. Artikel aslinya berjudul "Permintaan Maaf Ustaz Alfian Tanjung Jelang Peringatan G30S." 

Artikel tersebut membahas soal  Ustaz Alfian Tanjung yang menyampaikan permintaan maaf kepada GP Ansor, Banser, dan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU).

Permintaan maaf itu dilakukan karena sebelumnya Ustaz Alfian mengatakan bahwa kader Ansor dan Banser merupakan keturunan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa unggahan terkait Alfian Tanjung itu merupakan konten hoaks.

Kesimpulan

Artikel di laman Republika yang mengeklaim Ustaz Alfian Tanjung mengatakan dalam Islam diajarkan untuk bertukar istri merupakan hasil manipulasi. Artikel aslinya berjudul "Permintaan Maaf Ustaz Alfian Tanjung Jelang Peringatan G30S.". 

Rujukan