(GFD-2024-22556) [KLARIFIKASI] Video Perayaan Natal 2023 Diklaim sebagai Misa Bersama Paus Fransiskus

Sumber:
Tanggal publish: 09/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar video yang diklaim menampilkan momen misa akbar umat Katolik bersama Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (5/9/2024).

Namun, setelah ditelusuri video tersebut dibagikan dengan konteks keliru.

Video yang diklaim menampilkan misa akbar bersama Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan Instagram ini.

Akun tersebut membagikan video sejumlah orang menyalakan lilin dan diberi keterangan:

Misa Umat KHATOLIK Bersama Bapak PAUS FRANSISKUS Di GBK????????Akun Facebook Tangkapan layar Facebook video yang diklaim sebagai Misa bersama Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bungkarno

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri video tersebut menggunakan Google Lens.

Hasilnya video tersebut identik dengan unggahan akun TikTok @jeffrifernandes pada 10 Desember 2023.

Dalam keterangannya, video itu adalah momen perayaan Natal Gereja Tiberias di Stadion Gelora Bung Karno pada 2023.

Dikutip dari Antara, perayaan itu dihadiri lebih dari 200.000 umat Kristen. Natal Tiberias 2023 merupakan yang ke-21 kalinya digelar di Stadion Gelora Bung Karno.

Adapun video Misa Akbar bersama Paus Fransiskus yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (5/9/2024) bisa dilihat di sini. 

Kesimpulan

Video yang diklaim menampilkan misa akbar bersama Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno dibagikan dengan konteks keliru. Video aslinya adalah momen perayaan Natal Gereja Tiberias di Stadion Gelora Bungkarno pada 2023. 

Rujukan