(GFD-2024-22539) Waspada Penipuan Lowongan Pekerjaan Catut Pertamina Marine Solutions di Facebook

Sumber:
Tanggal publish: 09/09/2024

Berita

Waspada Penipuan Lowongan Pekerjaan Catut Pertamina Marine Solutions di Facebook

Proses pendaftaran pun tidak melalui link yang disertai pada unggahan Facebook tersebut

Beredar sebuah unggahan di Facebook mengenai lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan Pertamina Marine Solutions.

Postingan yang diunggah pada 24 Agustus tersebut menampilkan poster lowongan kerja dari Pertamina Marine Solutions yang juga disertai dengan logo BUMN dan Pertamina. Tak hanya itu, akun Facebook @PERTAMINA GROUP 2024 ini bahkan menyertakan link pendaftaran.

“Penerimaan Pegawai Baru PERTAMINA. Penempatan Sesuai Domisili/Daerah Kalian” tulis keterangan akun tersebut yang disertai dengan syarat, posisi, dan fasilitas dari pekerjaan tersebut.

Hasil Cek Fakta

Cek Fakta Merdeka.com melakukan penelusuran dengan melakukan pencarian pada website https://www.pertamina-pmsol.com/recruitment/ hasilnya informasi tersebut memang merupakan informasi lowongan pekerjaan dari Pertamina, namun pendaftarannya sudah ditutup sejak 1 Agustus 2024.

Selain itu, berdasarkan hasil penelusuran pada akun resmi Pertamina Marine Solutions di LinkedIn, Pertamina mengonfirmasi bahwa seluruh informasi resmi terkait lowongan pekerjaan hanya diumumkan pada website dan media sosial Pertamina Marine Solutions.

Proses pendaftaran pun tidak melalui link yang disertai pada unggahan Facebook tersebut, melainkan dilakukan dengan mengirimkan CV dan berkas pendaftaran ke email reqruitment.pmsol@pertamina-ms.com.

Kesimpulan

Postingan mengenai lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan Pertamina Marine Solutions oleh akun Facebook @PERTAMINA GROUP 2024 merupakan konten tiruan dan hoaks. Faktanya seluruh rangkain proses pendaftaran dilakukan dengan mengirimkan berkas pendaftaran ke email Pertamina.

Jangan mudah percaya dan periksa setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi :

https://www.facebook.com/61564050135557/posts/122109356168468337/?mibextid=rS40aB7S9Ucbxw6v

https://www.pertamina-pmsol.com/recruitment/

https://www.linkedin.com/posts/pertamina-marine-solutions_be-cautious-of-fake-or-invalid-job-vacancy-activity-7231584468342366208-GZ2e?utm_source=share&utm_medium=member_desktop

Mahasiswa Magang : Maria Hermina Kristin

Rujukan