(GFD-2024-22538) CEK FAKTA: Hoaks Video Gibran Kumandangkan Takbir ke Bayi yang Baru Lahir

Sumber:
Tanggal publish: 09/09/2024

Berita

CEK FAKTA: Hoaks Video Gibran Kumandangkan Takbir ke Bayi yang Baru Lahir

Jangan mudah percaya dan periksa setiap informasi yang didapat, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya

Beredar video di Facebook yang menampilkan wajah Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka sedang melantunkan takbir pada seorang bayi.

Video berdurasi 20 detik tersebut memperlihatkan seseorang yang diklaim sebagai Gibran yang sedang menggendong bayi sambil mengumandangkan takbir.

Video tersebut bernarasi "si Samsul mengadzani bayi nya yg baru lahir malah takbiran..... Untung tidak dibawa keliling kampung...."

Lantas, benarkah pria di dalam video 20 detik tersebut adalah Gibran? Berikut penelusurannya.

Hasil Cek Fakta

Cek Fakta Merdeka.com melakukan penelusuran dengan mengunggah tangkapan layar seorang pria yang diklaim sebagai Gibran Rakabuming Raka sedang mengumandangkan takbir ke bayi ke situs Yandex.

Hasil penelusuran mengarah ke akun TikTok @Papi Zayn. Video tersebut bukanlah Gibran, melainkan Vicky Jackson sedang menggendong bayinya yang baru lahir pada Februari 2022. Wajah Vicky kemudian diubah dengan wajah Gibran.

Saat itu, Vicky Jackson mengumandangkan takbir di telinga anaknya, namun sang istri menyela agar yang dikumandangkan adzan bukan takbiran.

Kesimpulan

Video sedang mengumandangkan takbir ke bayi adalah hoaks. Faktanya, video tersebut sudah diedit dari video aslinya. Video aslinya, pria tersebut adalah Vicky Jackson yang mukanya diedit seperti Gibran.

Jangan mudah percaya dan periksa setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi:

https://www.facebook.com/100087738656480/posts/403228852399391/

https://www.tiktok.com/@vickyjackson200/video/7118362120667991323?_r

Reporter Magang: Maria Hermina Kristin

Rujukan