(GFD-2024-22527) [KLARIFIKASI] Tidak Benar Panji Petualang Kritis karena Digigit Kobra

Sumber:
Tanggal publish: 07/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi yang mengeklaim presenter Muhammad Panji atau Panji Petualang dalam kondisi memprihatinkan usai digigit kobra.

Adapun Panji adalah seorang presenter yang dikenal publik karena kerap membawakan acara yang berkaitan dengan hewan liar.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut perlu diluruskan.

Narasi Panji Petualang dalam kondisi memprihatinkan usai digigit kobra dibagikan oleh akun ini pada 7 September 2024.

Berikut narasi yang dibagikan:

TIBA-TIBA BERUBAH DRASTIS! Begini Nasib Terbaru Panji Petualang Pawang Ular yang Kini Memprihatinkan....

Narasi itu disertai foto Panji Petualang menangani kobra, yang disandingkan dengan sosok seorang laki-laki botak bertubuh kurus.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek kondisi terkini Panji Petualang melalui akun Instagram-nya @panjipetualang_real (terverifikasi).

Unggahan Instagram terbaru Panji pada Jumat (6/9/2024) menunjukkan ia dalam kondisi sehat dan tidak botak.

Sementara itu, dalam pemberitaan KompasTV, 12 Agustus 2023, Panji menuturkan pengalamannya digigit kobra dan membuat jari kelingkingnya hampir diamputasi.

Namun, jari yang sempat disarankan dokter untuk diamputasi itu tumbuh kembali. Bahkan, kata Panji, dokter sempat bingung dengan kondisinya.

"Ini dokter sampai bingung, harusnya sudah dipotong. Harusnya diamputasi, tapi tiba-tiba ngering dan hitam, terus aku kopekin, ternyata balik lagi kulitnya," ucap Panji.

Panji juga menceritakan kondisi kesehatannya yang sempat menurun karena mengidap diabetes kering. Berat badannya turun dari 95 kilogram menjadi 65 kilogram.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi Panji Petualang dalam kondisi memprihatinkan usai digigit kobra perlu diluruskan.

Panji memang pernah digigit kobra yang mengakibatkan jari kelingkingnya hampir diamputasi, tetapi kondisi kesehatannya menurun karena diabetes.

Unggahan Instagram terbaru Panji menunjukkan ia dalam kondisi sehat dan tidak botak, berbeda dengan foto yang beredar di Facebook.

Rujukan