(GFD-2024-22509) [HOAKS] Artikel Rocky Gerung Tantang Mahasiswa Sahkan Hukuman Mati Koruptor

Sumber:
Tanggal publish: 07/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar tangkapan layar artikel  CNN Indonesia yang menyebut pengamat politik Rocky Gerung menantang mahasiswa melakukan demonstrasi menuntut pengesahan hukuman mati bagi koruptor.

Namun, setelah ditelusuri unggahan tersebut merupakan hasil manipulasi.

Unggahan yang mengeklaim Rocky Gerung menantang mahasiswa demo menuntut pengesahan hukuman mati bagi koruptor muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini.

Akun tersebut membagikan tangkapan layar pemberitaan di CNN Indonesia pada 23 Agustus berjudul:

Rocky Gerung "GERAM" Sebut Mahasiswa Yang Demo Kemarin, Mahasiwa Dungu itu, dan Tolol Hanya dibayar 100 k/Kepala, Coba Kalian Demo di DPR, UU Hukuman "MATI" Bagi Koruptor, Berani Ngk!!! Saya Yakin Ngk

Akun Facebook Tangkapan layar judul CNN Indonesia yang diklaim menampilkan Rocky Gerung menantang mahasiswa demo menuntut pengesahan hukuman mati bagi koruptor

Hasil Cek Fakta

Ketika diperhatikan judul dalam unggahan janggal. Sebab, judul disertai huruf besar dan huruf kecil yang tidak sesuai dengan kaidah yang digunakan CNN Indonesia.

Kemudian, dalam judul juga terdapat kata yang tidak baku dan disingkat.

Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek pemberitaan di CNN Indonesia sesuai keterangan waktu pada unggahan itu.

Hasilnya, tidak ditemukan artikel yang menyebut Rocky Gerung menantang mahasiswa melakukan demonstrasi menuntut pengesahan hukuman mati bagi koruptor.

Pada tanggal 23 Agustus 2024 di kanal Nasional CNN indonesia tidak ada artikel yang terbit pukul 10.20 seperti dalam unggahan.

Ketika dicek menggunakan teknik reverse image serach, foto Rocky Gerung dalam artikel mirip dengan unggahan di laman Suara.com ini.

Foto yang diambil pada 2018 itu adalah momen ketika Rocky memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus berita bohong yang menjerat aktivis Ratna Sarumpaet. 

Kesimpulan

Tangkapan layar artikel CNN Indonesia yang menyebut Rocky Gerung menantang mahasiswa demo menuntut pengesahan hukuman mati bagi koruptor merupakan hasil manipulasi.

Setelah dicek, di laman CNN Indonesia tidak terdapat artikel dengan judul tersebut.

Teknik pembuatan hoaks seperti ini dikenal dengan sebutan impersonate, yaitu meniru dan memanipulasi suatu sumber kredibel.

Rujukan