(GFD-2024-22495) [HOAKS] Mpox Sudah Masuk Bali Awal September 2024

Sumber:
Tanggal publish: 06/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Penyakit cacar monyet atau monkeypox (Mpox) diklaim telah masuk ke Bali. Informasi tersebut beredar pada awal September 2024.

Dengan kondisi itu, menurut sebuah unggahan, Pemerintah Australia telah mengeluarkan larangan untuk berlibur ke Bali.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi itu tidak benar atau hoaks.

Informasi mengenai Mpox telah masuk ke Bali, disebarkan oleh akun Facebook ini, ini, ini, ini, dan ini.

Pengunggah menyertakan seorang perempuan yang mengalami bentol-bentol di sekujur tubuhnya.

Berikut narasi yang ditulis salah satu akun pada Kamis (5/9/2024):

Sudah masuk di Bali. Pemerintah Australia mengeluarkan Travel Warning untuk rakyat Australia untuk TIDAK berliburan di Bali saat ini. Kita belum tahu di Jawa atau pulau2 lainnya di Indonesia sudah ada yang TERJANGKIT.

Ini penyakit Monkey Pox ?? yg sedang mengganas di Singapore dan penyakit ini akan masuk ke Negara konoha???.

Dan di HK sudah ada yg kena 60 orang. Di sydney jg sdh ada yg kena. Hrs hati2 tetap waspada (perhatian penuh) jaga kesehatan dan jangan beli makanan yg dijual di Swalayan (Super Market) karena penyakit ini lewat makanan. (apppbng)

Hasil Cek Fakta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum mendapat laporan mengenai kasus cacar monyet di wilayah Bali.

Berdasarkan laporan perkembangan situasi penyakit infeksi emerging terakhir, pada 18-24 Agustus 2024, tidak terdapat penambahan kasus konfirmasi Mpox pada periode tersebut.

Indonesia pertama kali melaporkan kasus pada 2022. Ada total 88 kasus konfirmasi Mpox yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak ada laporan kasus di Bali. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan belum ada penambahan kasus cacar monyet.

"Iya (tidak ada penambahan kasus). Ada 88 (kasus) sampai saat ini sejak 2022 dan tidak ada anak-anak," kata Nadia pada Kamis (29/8/2024) dikutip dari Kompas.com.

Kendati demikian, Pemerintah Provinsi Bali tetap mewaspadai penyebaran cacar monyet.

Misalnya, pada penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) pada 1-3 September 2024, pemerintah mengadakan skrining mpox di bandara kedatangan internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan, Ketut Kariyasa Adnyana mengatakan, meski belum ada kasus yang dilaporkan di Bali tetapi sebaiknya kewaspadaan jangan dikendurkan.

Ia meminta otoritas Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Gilimanuk memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang yang masuk ke Bali.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan. Meskipun belum ditemukan kasusnya di Bali sudah dilakukan upaya pencegahan di bandara dan pelabuhan," kata Ketut pada Selasa (3/9/2024) dilansir Kompas.com.

Kesimpulan

Narasi mengenai Mpox telah masuk ke Bali pada September 2024 adalah hoaks. Berdasarkan data Kemenkes belum ada kasus Mpox yang dilaporkan di Bali periode 18-24 Agustus 2024.

Meski belum ada kasus konfirmasi positif Mpox yang dilaporkan di Bali sampai awal September 2024, pemerintah tetap waspada.

Rujukan