(GFD-2024-22484) [HOAKS] Promo Gebyar Undian Berhadiah Bank BJB 2024

Sumber:
Tanggal publish: 05/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar unggahan yang mengeklaim PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten atau Bank BJB mengadakan program promo gebyar undian berhadiah 2024.

Namun setelah ditelusuri unggahan tersebut tidak benar atau hoaks.

Unggahan soal program undian berhadiah dari Bank BJB muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini, ini dan ini.

Akun tersebut membagikan poster dan tautan yang menampilkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta beberapa pejabat lainnya.

Unggahan diberi keterangan sebagai berikut:

???????????????????????? ???????????????????????????? ???????????????? ???????????? ???????????????? ???????????????????????????????????? ???????????????????????? ????????????????????????????????|???????????? ???????????????????????????????? ???????????? ????????????????????????!!!

Festival byDIGI ?ank ?J? Mengadakan Undian Berhadiah Milyaran Rupiah !! Ayokk Cetak dan Ambil Kupon mu sekarang untuk memenangkan Undian Berhadiah ?J?.Khusus pengguna bank ?J?.?lik ????????????????????????

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook undian berhadiah Bank BJB

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, poster dalam unggahan identik dengan yang ada di laman infobisnis.id ini.

Poster aslinya bukan soal undian berhadiah, melainkan tentang seminar nasional mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kemudian, Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek tautan menggunakan WhereGoes. Hasilnya, tautan itu tidak mengarah ke situs resmi Bank BJB.

Tautan tersebut berisi permintaan untuk mengisi data pribadi dan perbankan. Waspada, jangan sampai menjadi korban penipuan.

Sementara, melalui akun Instagram-nya, Bank BJB menyatakan tidak pernah meminta data pribadi nasabah untuk undian berhadiah.

Bank BJB meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan modus penipuan tersebut.

Adapun ciri-ciri akun palsu mengatasnamakan Bank BJB, yakni:

Kesimpulan

Unggahan soal program promo gebyar undian berhadiah Bank BJB 2024 tidak benar atau hoaks.  

Tautan dalam unggahan tidak mengarah ke situs resmi Bank BJB. Tautan tersebut berisi permintaan untuk mengisi data pribadi yang mengarah pada penipuan.

Sementara, Bank BJB tidak pernah meminta data pribadi nasabah untuk undian berhadiah.

Rujukan