(GFD-2024-22483) [HOAKS] Tiga Waktu Mandi yang Berbahaya bagi Tubuh

Sumber:
Tanggal publish: 05/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi yang menyebutkan terdapat tiga waktu mandi yang berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan kematian.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks.

Narasi tiga waktu mandi yang berbahaya dibagikan oleh akun Facebook ini pada Rabu (4/9/2024).

Berikut narasi yang dibagikan:

Mandi bisa mengakibatkan kematian? Jangan lakukan di jam berikut:

15:00-15:30

Darah di jam tersebut dalam keadaan panas, jika dilakukan badan bisa lelah berkepanjangan. Jantung pun akan berdebar lebih cepat dan membuat kinerjanya semakin melemah.

18:00-19:00

Tubuh bisa mengalami kaget yang akan menyebabkan beberapa organ tubuh terganggu dan mengundang penyakit paru-paru basah.

19:00-24:00

Jantung yang seharusnya beristirahat bisa mengalami kerusakan. Selain itu kinerja jantung bisa melemah dan menyebabkan peredaran darah ke jantung lebih lambat. Juga mengundan datangnya penyakit Reumatik.

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, narasi tiga waktu mandi yang berbahaya pernah beredar pada 2021 dan telah dibantah oleh ahli kesehatan.

Kepala Departemen Dept Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) dr Renan Sukmawan menegaskan, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

"Hoaks itu," kata Renan, seperti diberitakan Kompas.com, 26 November 2021.

Renan menyebutkan, mandi justru bisa membawa pengaruh baik bagi kesehatan jika dilakukan dengan metode yang benar. Salah satunya mandi air hangat saat malam hari.

"Ada penelitian yang di-publish di 'Journal Heart' tahun 2020. Mandi air hangat yang dilakukan biasanya malam hari di Jepang menurunkan risiko penyakit jantung 28 persen dan stroke 26 persen," ujar Renan.

Studi tersebut dilakukan kepada 61.000 orang, dengan rentang waktu pemantauan hingga 20 tahun.

"Diketahui bahwa mandi air hangat malam hari seperti di Jepang itu menurunkan tekanan darah karena efek vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah," tutur Renan.

Ia pun menyarankan kepada masyarakat agar tidak perlu takut mandi pada waktu-waktu tertentu.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tiga waktu mandi yang berbahaya adalah hoaks berulang.

Hoaks tersebut pernah beredar pada 2021 dan telah dibantah ahli kesehatan. Mandi justru bisa membawa pengaruh baik bagi kesehatan jika dilakukan dengan metode yang benar. Salah satunya mandi air hangat saat malam hari.

Rujukan