(GFD-2024-22454) Viral Anies Baswedan Mendirikan Partai Perubahan, Cek Faktanya

Sumber:
Tanggal publish: 05/09/2024

Berita

Viral Anies Baswedan Mendirikan Partai Perubahan, Cek Faktanya

Benarkah Anies Baswedan mendirikan Partai Perubahan? Simak penelusurannya

Anies Baswedan berencana akan membangun partai politik baru atau membentuk ormas, pasca dirinya gagal maju di Pilkada 2024. Namun, tidak disebutkan apa nama partai ataupun ormas baru besutan Anies Baswedan tersebut.

Usai pernyataan Anies yang ingin mendirikan partai baru, di media sosial beredar Anies membentuk Partai Perubahan dan mengimbau masyarakat untuk ikut bergabung bersama partai barunya.

Berikut narasi imbauan dalam video Facebook tersebut:

“MARI BERGABUNG BERSAMA PARTAI PERUBAHAN”

Hasil Cek Fakta

Melansir dari Antara, Anies Baswedan menyatakan formulir, QR code, nomor rekening untuk menyumbang atau uang pendaftaran untuk masuk partai baru Anies merupakan hoaks.

“Saya tegaskan itu semua bukan dari saya dan kami tidak pernah mengedarkan apapun juga,” ujar Anies dalam videonya, seperti dikutip dari akun X @aniesbaswedan

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap kritis dan hati-hati karena sampai saat video yang diunggah (31/08/2024) belum ada formulir ataupun edaran apapun terkait ormas atau partainya.

Sampai saat ini Anies belum mengumumkan nama partai yang akan didirikannya.

Kesimpulan

Anies mendirikan Partai Perubahan Indonesia adalah tidak benar. Faktanya, Anies belum mengumumkan nama partai yang akan didirikannya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Rujukan