(GFD-2024-22442) [HOAKS] Makan Pisang Dempet Mengakibatkan Bayi Lahir Kembar Siam

Sumber:
Tanggal publish: 03/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi yang menyebutkan buah pisang dempet dapat mengakibatkan bayi lahir kembar siam jika dimakan ibu hamil.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks.

Narasi pisang dempet dapat mengakibatkan bayi lahir kembar siam jika dimakan ibu hamil dibagikan oleh akun Facebook ini pada 12 Juni 2024.

Berikut narasi yang dibagikan:

Manteman pernah dengar cerita pisang dempet tak?? Konon katanya jika buah pisang yang dempet itu dimakan oleh ibu hamil akan melahirkan bayi yang kembar dempet atau siam seperti yang dimakan

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, narasi pisang dempet mengakibatkan bayi lahir kembar siam pernah beredar pada 2023 dan telah dibantah.

Spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) dari RSIA Anugerah, dr Indra Adi Susanto menerangkan, tidak ada hubungan antara bayi lahir kembar siam dengan mengonsumsi pisang dempet saat gadis maupun hamil.

"Tidak ada, hanya murni kegagalan pembelahan," ucap Indra, seperti diberitakan Kompas.com, 11 Februari 2024.

Secara umum, kata dia, kembar dibagi menjadi dua, yaitu kembar monozigot atau kembar identik, serta dizigot atau kembar fraternal.

Kembar monozigot adalah kembar yang berasal dari satu sel telur dan terjadi ketika sel telur tunggal dibuahi oleh sperma, kemudian membentuk satu zigot atau monozigot.

Sementara itu, kembar dizigot terjadi apabila ada lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim, dan terbuahi oleh sel sperma pada saat bersamaan.

Indra menerangkan, proses kembar identik terjadi karena adanya keterlambatan proses pembelahan, biasanya kurang lebih antara 12–13 hari.

"Apabila terjadi proses keterlambatan dan pembelahan tersebut menjadi terhenti, ini yang bisa menyebabkan kembar siam," tutur dia.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi pisang dempet dapat mengakibatkan bayi lahir kembar siam adalah hoaks.

Dokter spesialis obgyn mengatakan, tidak ada hubungan antara kembar siam dengan mengonsumsi pisang dempet saat gadis maupun hamil.

Rujukan