(GFD-2024-22440) Cek Fakta: Hoaks Artikel Karier Nadiem Makarim Dalam Bahaya karena Dituntut Bank Indonesia

Sumber:
Tanggal publish: 04/09/2024

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan artikel yang mengklaim Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam bahaya setelah dituntut Bank Indonesia. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.
Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 27 Agustus 2024.
Dalam postingannya terdapat cuplikan layar artikel Detik News berjudul "Karier Nadeem Makarim dalam Bahaya"
Postingan itu disertai narasi "Bank Indonesia telah mengajukan tuntutan terhadap Nadiem Makarim"
Akun itu menambahkan narasi "Ini Screenshoot yg ngomong ya bukan gue..."
Lalu benarkah postingan artikel yang mengklaim Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam bahaya setelah dituntut Bank Indonesia?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan membuka fitur pencarian di laman Detik.com. Hasilnya tidak ada artikel seperti dalam postingan.
Artikel terakhir Detik.com terkait Nadiem Makarim tayang pada 5 Juli 2024 dengan judul "Puan Lirik Nadiem Makarim untuk Pilgub Jakarta: Mungkin Kalau Tertarik"
Pencarian dilanjutkan dengan menggunakan Google Lens. Hasilnya foto dalam postingan identik dengan foto dari Antaranews.com.
Namun tidak ada artikel dari Antara News yang identik dengan postingan. Foto itu digunakan Antara News untuk beberapa artikel sejak 2019.

Kesimpulan


Postingan artikel yang mengklaim Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam bahaya setelah dituntut Bank Indonesia adalah hoaks.