(GFD-2024-22372) [HOAKS] Sri Mulyani Bagikan Uang Rp 15 Juta

Sumber:
Tanggal publish: 30/08/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar video yang menampilkan Menteri Keuangan Sri Mulyani akan membagikan uang sebesar Rp 15 juta.

Namun setelah ditelusuri video tersebut merupakan hasil manipulasi.

Video yang menampilkan Sri Mulyani akan membagikan Rp 15 juta diunggah oleh akun TikTok ini.

Dalam video Sri Mulyani mengatakan, untuk mendapat bantuan Rp 15 juta cukup dengan menyukai dan membagikan unggahan tersebut.

Setelah melakukan seperti yang diinstrukriskan, video itu menyatakan Sri Mulyani akan menyalurkan bantuan lewat transfer.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri video tersebut menggunakan perangkat Yandex. Hasilnya, ditemukan video identik di unggahan Instagram pribadi Sri Mulyani pada 26 Juli 2024.

Dalam video aslinya Sri Mulyani menjelaskan soal agenda pertemuan G20 yang digelar di Rio de Janeiro, Brasil pada Juli 2024.

Menurut Sri Mulyani pertemuan itu membahas tentang kondisi perekonomian global. Sri Mulyani tidak menjanjikan akan membagikan uang Rp 15 juta.

Kemudian setelah dicek menggunakan Hive Moderation, suara Sri Mulyani memiliki probabilitas 82,5 persen dihasilkan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Kesimpulan

Video yang menampilkan Sri Mulyani akan membagikan Rp 15 juta adalah hasil manipulasi.

Dalam video aslinya Sri Mulyani memaparkan soal agenda pertemuan G20 yang digelar di Rio de Janeiro, Brasil pada Juli 2024. 

Ketika dicek menggunakan Hive Moderation, suara Sri Mulyani memiliki probabilitas 82,5 persen dihasilkan kecerdasan buatan atau AI. 

Rujukan