(GFD-2024-22301) [HOAKS] Akta Kelahiran Kamala Harris di Jamaika

Sumber:
Tanggal publish: 29/08/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar foto akta kelahiran atas nama calon presiden dari Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) Kamala Harris.

Akta tersebut diterbitkan oleh The Registrar General's Department of Jamaica atau Departemen Pencatatan Sipil Jamaika.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, akta itu tidak benar atau hoaks.

Foto akta kelahiran Kamala Harris yang diterbitkan pemerintah Jamaika disebarkan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini.

Berikut narasi yang ditulis salah satu akun, pada Kamis (22/8/2024):

Not born in Oakland at Kaiser?-Kamala Harris: Certificate of birthCertificate that above is a true copy of an entry in the registrar general department of Jamaica

Hasil Cek Fakta

Akta kelahiran yang beredar bukan dokumen asli. Departemen Pencatatan Sipil Jamaika memastikan tidak ada catatan kelahiran atas nama Kamala Harris.

"Departemen Pencatatan Sipil ingin mengklarifikasi bahwa tidak ada catatan kelahiran Wakil Presiden Kamala Harris di gudang kami, karena dia tidak lahir di Jamaika. Kami berharap informasi ini menjelaskan pertanyaan apa pun mengenai tempat lahirnya," dikutip dari Lead Stories, Kamis (29/8/2024).

Salinan akta kelahiran asli milik Kamala Harris diunggah oleh situs Mercury News, pada 22 Juli 2024.

Ia lahir pada 20 Oktober 1964 di California. Akta kelahirannya diterbitkan oleh Oakland Office of Clerk-Recorder, Alameda, California, AS.

Orangtua Kamala telah menetap di AS sebelum ia lahir. Sang ibu, Shyamala Gopalan Harris, mengajukan petisi untuk tinggal di AS pada akhir 1960-an.

Pada halaman 37 petisi tersebut menyatakan, Shyamala bekerja di Departemen Fisiologi Universitas California, Berkeley, mulai Oktober 1963 hingga November 1965 ketika putrinya lahir di Oakland.

Amandemen ke-14 Konstitusi AS menyatakan, setiap orang yang lahir di AS merupakan warga negara AS.

Tidak ada aturan atau undang-undang terkait status kewarganegaraan yang mematahkan pencalonan Kamala Harris dalam Pilpres AS 2024.

Kesimpulan

Foto akta kelahiran Kamala Harris dari pemerintah Jamaika merupakan hoaks. Kamala lahir di California dan dinyatakan sebagai warga AS.

Departemen Pencatatan Sipil Jamaika memastikan tidak ada catatan kelahiran atas nama Kamala Harris.

Rujukan