(GFD-2024-22234) [HOAKS] Video Barack Obama Ditahan di Guantanamo pada 2019

Sumber:
Tanggal publish: 28/08/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi bahwa Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barrack Obama pernah dipenjara di Guantanamo, Kuba, pada 29 September 2019.

Narasi itu disertai video Obama berada di dalam penjara. Ia tampak mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru dan celana panjang putih.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi itu tidak benar.

Narasi soal Obama dipenjara di Guantanamo pada 2019 dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini, pada Minggu (25/8/2024).

Berikut narasi yang dibagikan: INI ADALAH VIDEO BARACK OBAMA SAAT MEMASUKI PENJARA GITMO PADA TANGGAL 29 SEPTEMBER 2019 KETIKA IA DITAHAN...

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri video tersebut dengan teknik reverse image search menggunakan Google Lens.

Hasilnya, gambar yang sama ditemukan di artikel Business Insider. Artikel itu menyebutkan, Obama mengunjungi penjara di Robben Island, Afrika Selatan, tempat Nelson Mandela, Presiden Afrika Selatan pertama dan aktivitis anti-apartheid, ditahan selama 18 tahun.

Ditemukan pula video YouTube yang diunggah kanal The Obama White House, yang menunjukkan Obama dan istrinya, Michelle, berkunjung ke Robben Island. pada 30 Juni 2013.

Kesimpulan

Narasi soal Barack Obama pernah dipenjara di Guantanamo pada 2019 adalah hoaks.

Video yang disertakan adalah momen Obama dan istrinya mengunjungi penjara di Robben Island, Afrika Selatan, pada 30 Juni 2013.

Penjara itu merupakan tempat Nelson Mandela, Presiden Afrika Selatan pertama dan aktivitis anti-apartheid, ditahan selama 18 tahun.

Rujukan