(GFD-2024-22220) [HOAKS] Video Penemuan Putri Duyung di Kepulauan Selayar

Sumber:
Tanggal publish: 27/08/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar video yang menarasikan soal penemuan putri duyung di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Namun, berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks.

Video penemuan putri duyung di Kabupaten Kepulauan Selayar dibagikan oleh akun Facebook ini, ini dan ini, pada 23 Agustus 2024.

Akun tersebut membagikan video yang menampilkan beberapa orang mengerubungi perempuan dengan tubuh ikan. Video itu diberi keterangan demikian:

Penemuan putri duyung d Selayar #luarbiasa

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook narasi soal penemuan putri duyung di Kabupaten Kepulauan Selayar

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, video serupa sudah beredar sejak 2022. Dikutip dari Snopes, pada April 2022, video tersebut menarasikan soal penampakan putri duyung di sebuah pantai di Kenya.

Ada pula yang menyebut video itu adalah penemuan putri duyung di pantai Afrika Selatan.

Namun, para pejabat di Kenya dan Afrika Selatan membantah narasi tersebut. Mereka mengatakan, tidak ada laporan tentang penemuan putri duyung.

Video penemuan putri duyung awalnya muncul di TikTok pada 6 April 2022 dengan klaim bahwa seekor putri duyung ditangkap di Muizenberg, Afrika Selatan.

Ketika dikonfirmasi, Kepolisian Afrika Selatan di Muizenberg mengatakan, tidak ada informasi valid soal penemuan putri duyung di wilayah mereka.

“Harap dicatat bahwa kepolisian di Muizenberg tidak memiliki laporan tentang putri duyung yang terdampar di pantai atau laporan tentang seorang anak yang digigit ikan,” ujar juru bicara Kepolisian Afrika Selatan di Muizenberg. 

Kemungkinan besar video tersebut merupakan hasil rekayasa digital, yakni dengan menggabungkan video seekor ikan yang terdampar dengan gambar anak kecil atau boneka.

Kesimpulan

Video penemuan putri duyung di Kabupaten Kepulauan Selayar tidak benar atau hoaks.

Video itu sudah beredar sejak 2022 dengan narasi soal penampakan putri duyung di sebuah pantai di Kenya dan Afrika Selatan.

Namun, para pejabat di Kenya dan Afrika Selatan membantah narasi tersebut. Mereka mengatakan tidak ada laporan tentang penemuan putri duyung.

Rujukan