(GFD-2018-216) [KLARIFIKASI] Susu Kental Manis Tidak Cocok untuk Anak

Sumber:
Tanggal publish: 06/07/2018

Berita

Iklan produk susu kental manis (SKM) kerap bercerita tentang aktivitas yang penuh semangat dari sebuah keluarga. Biasanya, isi iklan menampilkan anak-anak yang tengah meminum susu di sela-sela aktivitasnya.

Iklan-iklan bergam produk SKM itu pun kerap mengklaim sebagai produk bernutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan anak.

Hasil Cek Fakta

Badan Pengelolaan Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan edaran mengenai label dan iklan produk SKM beserta analognya. Tujuannya, demi meluruskan salah kaprah informasi SKM yang dianggap sebagai produk susu bernutrisi penambah asupan gizi oleh masyarakat.

Salah satu isi edaran itu, larangan menampilkan anak-anak berusia di bawah lima tahun dalam bentuk apa pun pada iklan produk SKM. Pengiklan juga dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk susu kental dan analognya (kategori pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi.

Sementara itu, Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Tirta Prawita Sari, Sp.GK. M.Sc mengatakan, SKM kerap digunakan sebagai pengganti susu biasa oleh masyarakat. Padahal, kebutuhan yang diharapkan dari susu, terutama bagi anak-anak, tak bisa didapat dari produk SKM.

Rujukan