(GFD-2024-21417) [HOAKS] Donald Trump Menolak Debat dengan Kamala Harris

Sumber:
Tanggal publish: 26/07/2024

Berita

KOMPAS.com - Kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, disebut enggan meladeni debat dengan Kamala Harris.

Kamala Harris yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden AS, dinominasikan untuk maju sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Nama Harris mencuat setelah Presiden AS Joe Biden menyatakan mundur dari pencalonan Demokrat untuk Pilpres AS pada November 2024.

Biden telah memberikan dukungannya agar Harris diusung sebagai calon presiden. Namun, Demokrat sampai saat ini belum memutuskan pengganti Biden.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi Trump enggan meladeni debat dengan Harris adalah hoaks.

Narasi Donald Trump enggan meladeni debat dengan Kamala Harris dibagikan oleh akun Threads ini pada Rabu (24/7/2024).

Berikut narasi yang dibagikan:

Trump has announced he won’t debate Kamala Harris. Is he afraid of her? (Trump mengumumkan ia tidak akan berdebat dengan Kamala Harris. Apakah dia takut padanya?)

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri pemberitaan terbaru terkait Donald Trump dan Kamala Harris.

Dalam pemberitaan NBC News, Rabu (24/7/2024) Trump menyatakan siap berdebat dengan Harris, dan terbuka untuk lebih dari satu sesi debat.

"Saya setuju untuk berdebat dengan Joe Biden. Tapi saya ingin berdebat dengannya (Harris) dan dia tidak akan berbeda karena mereka memiliki kebijakan yang sama," kata Trump dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Partai Republik.

Trump dan Biden telah sepakat untuk melakukan dua kali debat. Debat pertama telah digelar pada 27 Juni di CNN dan debat kedua rencananya digelar pada September di ABC.

Namun, penampilan buruk Biden pada debat pertama berujung pada keputusannya untuk mengundurkan diri dan mendukung Harris sebagai calon presiden dari Demokrat.

Ketika ditanya apakah Harris akan menjadi lawan yang lebih tangguh daripada Biden, Trump mengatakan bahwa keduanya mirip.

"Dia sama seperti Biden, tapi jauh lebih radikal. Dia adalah orang kiri radikal, dan negara ini tidak ingin orang kiri radikal menghancurkannya," ujar Trump.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi Donald Trump enggan meladeni debat dengan Kamala Harris adalah hoaks.

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan Komite Nasional Partai Republik, Trump menyatakan kesiapannya berdebat dengan Harris.

Rujukan