(GFD-2024-21400) [SALAH] Foto Kerusuhan oleh OPM di Kabupaten Intan Jaya, Papua, 28 Mei 2024

Sumber: Twitter.com
Tanggal publish: 27/07/2024

Berita

“OPM hambat dan rusak pembangunan di Papua #TangkapOPM #OPMresahkanwargaPapua #stopOPM #TNIPolrilindungiwargaPapua #TNIPolripelindungmasyarakatPapuadariOPM”

“OPM hanyalah pengganggu di Papua yang sebabkan kerusuhan. Kendaraan alat berat berwarna kuning model traktor milik PT Gunung Selatan dibakar saat sedang membuat jalan di Kampung Galanguma, DIstrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya Papua, 28 Mei 2024. Pembakaran itu dilakukan saat terjadi baku tembak antara pasukan TPNPB dari Komando Daerah Pertahanan atau Kodap VIII Intan Jaya dengan TNI-Polri.”

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah unggahan di Twitter yang menampilkan foto dengan klaim bahwa foto tersebut adalah dampak dari kerusuhan yang dilakukan oleh OPM.

Setelah ditelusuri dengan menggunakan Google Lens, foto-foto tersebut tidak ada kaitannya dengan kerusuhan yang dilakukan OPM.

Foto pertama yang menampilkan beberapa truk terbakar sebelumnya sudah lama terpublikasi melalui Kumparan.com pada 12 November 2022. Dalam artikel tersebut mengabarkan bahwa terjadi kerusuhan di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah. Kerusuhan tersebut dipicu kasus kecelakaan yang menyebabkan anak berumur 5 tahun meninggal.

Kemudian foto kedua yang menunjukkan ekskavator terbakar yang sebelumnya sudah terpublikasi pada laman berita Jubi.id pada 13 Maret 2024, dalam artikel disebutkan bahwa kebakaran dilakukan oleh oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab. Namun tidak disebutkan bahwa kebakaran ekskavator milik PT Malabiso Usua Jaya itu dilakukan oleh OPM.

Dengan demikian, foto kerusuhan oleh OPM di Kabupaten Intan Jaya, Papua, 28 Mei 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Setelah ditelusuri dengan Google Lens, faktanya foto tersebut tidak ada kaitannya dengan OPM dan telah lama terpublikasi sebelum 28 Mei 2024. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

Rujukan