(GFD-2024-21398) [SALAH] Bill Gates Meluncurkan Susu Belatung

Sumber: Twitter
Tanggal publish: 26/07/2024

Berita

“Bill Gates ingin anda minum Susu Belatung buatanya”.

Hasil Cek Fakta

Akun Twitter @VictorioJr60985 mengunggah tangkapan layar yang menyatakan Bill Gates meluncurkan ‘Maggot Milk’ atau susu belatung untuk dikonsumsi publik. Pada tangkapan layar tersebut juga dijelaskan bahwa susu belatung ini, atau yang disebut dengan ‘EntoMilk’, merupakan susu alternatif terbaru. Cuitan dan tangkapan layar tersebut diunggah pada 3 Juli 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Tidak ada sumber valid yang menyatakan bahwa Bill Gates berencana dan/atau telah meluncurkan produk susu belatung untuk publik. Sebaliknya, ketika dilakukan pencarian mengenai topik ini di Google, terlihat banyak artikel yang menyalahkan informasi ini.

Terlebih lagi, perusahaan yang memproduksi dan/atau bergerak di bidang susu alternatif ‘EntoMilk’ ini tidak terlihat di daftar portofolio investasi Gates Foundation.

Selain itu, informasi serupa telah dibahas oleh USA Today dengan judul “‘Maggot milk’ launched by South African start-up, not Bill Gates | Fact check” dan dikategorikan sebagai False.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @VictorioJr60985 merupakan konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid mengenai pembuatan susu belatung atau kerja sama Bill Gates dengan perusahaan yang memproduksi produk ‘EntoMilk’ ini.

Rujukan