(GFD-2024-21397) [SALAH] Video Ular Anaconda di Kalimantan Tengah

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 26/07/2024

Berita

“ketemu ULAR ANACONDA panjang 15 meter di PT VILAR KAB LAMANDAU KALIMANTAN TENGAH”.

Hasil Cek Fakta

Akun Facebook Kalimantanku mengunggah video yang menunjukkan ular besar di tengah jalan. Di video tersebut juga tertulis bahwa ular itu merupakan ular anaconda 15 meter yang ditemukan di PT Vilar Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut salah. Video tersebut telah banyak beredar di internet, namun dengan keterangan yang berbeda-beda. Setelah melakukan pengelompokan dari beberapa hasil pencarian, ditemukan bahwa artikel berita dan video tersebut pertama kali dipublikasikan pada 21 Maret 2023, salah satunya di situs https://perrenguematogrosso.com/ dengan artikel berjudul “Giant anaconda found in Santo Antônio do Leverger-MT”. Artikel tersebut membagikan tautan ke sebuah video yang sama persis seperti yang diunggah oleh akun Facebook Kalimantanku, hanya tanpa keterangan mengenai Kalimantan Tengah.

Selain itu, video yang sama persis juga pernah diunggah oleh akun YouTube @masterpescaecamping5523 pada 22 Maret 2023. Video tersebut dilengkapi dengan keterangan yang berbunyi sebagai berikut:

(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):
“Anaconda di jalan menuju Praia da Vereda di Santo Antônio do Leverger/MT”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook Kalimantanku merupakan konteks yang salah.

Kesimpulan

Konteks yang salah. Video tersebut adalah ular anaconda di Jalan Santo Antônio do Leverger-MT, Brazil, bukan Kalimantan Tengah.

Rujukan