(GFD-2024-21058) [HOAKS] Undian Berhadiah Mengatasnamakan BRI

Sumber:
Tanggal publish: 10/07/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar informasi undian berhadiah mobil, sepeda motor, emas, dan paket wisata, mengatasnamakan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Informasi itu menyebutkan, nasabah yang telah mengaktifkan fitur mobile banking BRI (BRImo) berkesempatan mengikuti undian.

Nasabah diminta mendaftar melalui tautan yang disertakan dalam unggahan. Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut hoaks.

Informasi undian berhadiah mengatasnamakan BRI dibagikan oleh akun Facebook ini pada Rabu (10/7/2024).

Akun itu mencantumkan logo BRI dan daftar hadiah yang dapat dimenangkan oleh nasabah, antara lain 5 Toyota Alphard, 5 Honda CR-V Turbo, 5 Xpander, dan Fortuner.

Ada pula 20 emas batangan, 10 paket wisata ke Singapura, dan 4 paket umrah. Kemudian terdapat tautan untuk mengikuti undian tersebut.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com tidak menemukan informasi undian berhadiah tersebut di laman Facebook resmi BANK BRI (terverifikasi).

Selanjutnya, Kompas.com memeriksa tautan pendaftaran menggunakan WhereGoes untuk mengetahui situs yang dituju.

Hasilnya, tautan tersebut tidak mengarah ke situs resmi BRI dan diduga merupakan modus phishing yang bertujuan mencuri data pribadi nasabah.

Situs resmi BRI dapat diakses di www.bri.co.id. Sementara itu, akun media sosial resmi BRI adalah sebagai berikut:

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi undian berhadiah mobil, sepeda motor, emas, dan paket wisata, mengatasnamakan BRI adalah hoaks.

Informasi itu tidak terdapat di laman Facebook resmi BRI. Selain itu, tautan pendaftaran dalam unggahan tidak mengarah ke situs BRI dan diduga merupakan modus phishing.

Rujukan