(GFD-2024-21036) [KLARIFIKASI] Video Kebakaran Ponpes Berlokasi di Bogor, Bukan Sukabumi

Sumber:
Tanggal publish: 10/07/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar video dengan narasi soal kebakaran yang melanda Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Fazri di Caringin, Sukabumi, Jawa Barat.

Namun, berdasarkan penelusuran Kompas.com, narasi itu keliru.

Video dengan narasi mengenai kebakaran melanda Ponpes Nurul Fazri di Caringin, Sukabumi, disebarkan oleh akun Facebook ini, ini, ini, ini, dan ini.

Berikut narasi yang ditulis salah satu akun, pada Jumat (5/7/2024):

Pondok pesantren Nurul Fazri di Caringin Sukabumi Jawa Barat hangus terbakar: Diduga akibat dilempari orang tak dikenal.

Sementara, berikut teks yang tertera dalam video:

Pondok Pesantren di Caringin, Sukabumi Dibakar Segerombol Orang Tak Dikenal

Hasil Cek Fakta

Ponpes yang terbakar bukan berlokasi di Sukabumi, melainkan Bogor, Jawa Barat.

Kebakaran terjadi di Ponpes Rubath Nurul Fajri di Kampung Limusnunggal RT/RW 02/05 Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (4/7/2024) sekitar pukul 18.00 WIB.

Lokasinya dapat dilihat di Google Map ini.

Dikutip dari Sukabumi Update, Kepolisian Sektor (Polsek) Caringin masih menyelidiki penyebab kebakaran. Tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut.

Ponpes Rubath Nurul Fajri juga telah membuat surat terbuka berisi kronologi kejadian yang membenarkan adanya peristiwa kebakaran.

Kesimpulan

Video bangunan pesantren yang terbakar berlokasi di Ponpes Rubath Nurul Fajri di Caringin, Kabupaten Bogor, bukan Sukabumi.

Kebakaran terjadi, pada Kamis (4/7/2024). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Polsek Caringin masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Rujukan