(GFD-2024-19426) [SALAH] Angin Puting Beliung Guncang Lampung Hingga Ribuan Rumah Hancur

Sumber: Youtube.com
Tanggal publish: 29/04/2024

Berita

LAMPUNG BERHAMBURAN

PUTING BELIUNG MENGGILA RIBUAN RUMAH HANCUR BERSERAKAN

Hasil Cek Fakta

Pada 19 Maret 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul angin puting beliung menggila, ribuan rumah di Lampung hancur berserakan.

Untuk mencari tahu kebenaran dari klaim tersebut, dilakukan pencarian di Google dengan keyword “angin puting beliung di Lampung”. Hasilnya ditemukan sebuah artikel dari media Detik Sumut yang membahas isu serupa.

Melansir dari artikel Detik Sumut yang berjudul “Angin Puting Beliung Terjang Lampung Selatan, 102 Rumah Rusak” tersebut tidak menjelaskan bahwa terjadi angin puting beliung tersebut mengakibatkan ribuan rumah di Lampung rusak.

Faktanya angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung tersebut hanya menyebabkan 102 rumah warga di daerah tersebut rusak. Angka kerusakan rumah akibat angin tersebut tidak mencapai angka ribuan.

Kesimpulan

Faktanya angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan ini hanya mengakibatkan kerusakan 102 rumah saja, tidak mencapai angka ribuan.

Rujukan