(GFD-2024-19424) [SALAH] Gempa Bumi Berkekuatan Magnitude 10,8 Guncang NTT pada 20 Maret 2024

Sumber: Youtube.com
Tanggal publish: 29/04/2024

Berita

NUSA TENGGARA TIMUR RATA

GEMPA MAGNITUDE 10,8 GUNCANG NTT HINGGA BERHAMBURAN

Hasil Cek Fakta

Pada 20 Maret 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul gempa bumi yang berkekuatan magnitude 10,8 guncang Nusa Tenggara Timur.

Seperti yang diketahui, gempa yang memiliki kekuatan sebesar 7 magnitude lebih biasanya dapat berpotensi mengakibatkan tsunami. Untuk mencari tahu kebenaran dari klaim tersebut, dilakukan pencarian di Google dengan keyword “Gempa Tambolaka NTT 2024”. Hasilnya ditemukan sebuah artikel dari media Republika yang membahas isu serupa.

Melansir dari artikel Republika yang berjudul “Gempa 4.3 SR Guncang Tambolaka NTT” diketahui bahwa gempa yang terjadi di Tambolaka, Sumba, NTT hanya sebesar magnitude 4,3. Sementara itu, fenomena tersebut diketahui terjadi pada 17 Maret 2024. Menurut data yang diterima BMKG, pusat gempa berada di laut, 25 km barat laut Tambolaka. Meskipun gempa ini tidak bersifat merusak, namun tetap saja perlu diwaspadai.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadinya gempa magnitude 10,8 yang mengguncang NTT adalah tidak benar. Faktanya gempa yang terjadi di Tambolaka, NTT hanya sebesar magnitude 4,3 saja dan tidak ada laporan mengenai kerusakan yang berarti akibat dari gempa tersebut.

Kesimpulan

Faktanya gempa yang terjadi di Tambolaka, NTT hanya sebesar magnitude 4,3 dan tidak ada laporan mengenai kerusakan yang berarti akibat dari gempa tersebut.

Rujukan