(GFD-2024-19270) [SALAH] Stanford University akan dibangun di IKN

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 23/04/2024

Berita

Stanford University, kampus terbaik dunia yang akan dibangun di IKN Nusantara

Hasil Cek Fakta

Muncul sebuah unggahan di Facebook dengan caption yang mengklaim bahwa Universitas Stanford akan membangun kampus di IKN. Universitas Stanford merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Amerika Serikat, yang dikenal dengan sebutan Ivy League.

Namun, klaim tersebut ternyata keliru. Dilansir dari Tempo, perwakilan dari Stanford Mara K Vandlik mengirimkan sebuah email yang menjelaskan jika Universitas Stanford membantah berencana membangun kampus di Ibu Kota Nusantara (IKN) Indonesia, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Universitas riset swasta di California, Amerika Serikat, juga menyatakan belum menandatangani perjanjian apa pun dengan Indonesia.

Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono menyebutkan Stanford University akan membangun kampus di IKN mulai Mei 2024. Namun baru-baru ini dia mengklarifikasi bahwa pusat riset Stanford akan dibangun terlebih dahulu. “Intinya adalah kita ingin membangun pusat riset dulu, karena kalau mau membangun universitas butuh banyak hal, ya jadi kita mulai dari riset,” sambung Bambang.

Melalui hal tersebut maka dapat disimpulkan jika Stanford baru berkeinginan untuk membangun pusat riset di IKN saja, sedangkan untuk pembangunan kampus sendiri masih belum ada konfirmasi akan dilakukan baik dari pihak Otorita IKN maupun dari pihak Stanford.

Kesimpulan

Faktanya pihak Otorita IKN dan juga Stanford membantah klaim pembangunan kampus di IKN. Universitas Stanford baru hanya menandatangani nota kesepahaman untuk membangun pusat riset bersama Otorita IKN di California, AS pada 15 November 2023.

Rujukan