(GFD-2024-19269) [SALAH] KFC Menghina Para Pengungsi Palestina

Sumber: snackvideo.com
Tanggal publish: 23/04/2024

Berita

Maaf tak ada tenda di sini, yang ada hanya daging ayam yang lezat, seperti yang kamu suka untuk membumbui akhir pekanmu. #NoTentsJustChicken #KFCAntigua

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah unggahan di Snack Video berisi mengenai tangkapan layar status media sosial KFC yang mengatakan tentang “Maaf tak ada tenda di sini, yang ada hanya daging ayam yang lezat…” kalimat tersebut kemudian dikaitkan dengan para pengungsi Palestina akibat dari meledak kembalinya konflik Israel-Palestina di akhir tahun 2023 kemarin.

Namun, dilansir dari AFP yang juga membahas mengenai klaim ini, dijelaskan jika postingan tersebut berasal KFC cabang negara Antigua, sebuah negara yang berada di Laut Karibia bagian timur.

Postingan ini dibagikan oleh kanal media sosial KFC Antigua dengan tujuan mengikuti tren perbincangan di Antigua berkaitan tenda yang dilaporkan hilang oleh Otoritas Utilitas Publik Antigua (APUA).

APUA merupakan lembaga pemerintah yang mengurus perihal listrik, telekomunikasi dan pelayanan air bersih di Antigua. Pada 15 Februari 2024, pihak APUA mengunggah sebuah pengumuman di Facebook bahwa salah satu tenda yang digunakan untuk sesi latihan telah hilang dan diduga dicuri.

Berdasarkan dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan jika postingan KFC tersebut bukan bermaksud untuk menghina pengungsi Palestina, melainkan hanya sebagai guyonan mengenai hilangnya tenda milik Otoritas Utilitas Publik Antigua.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil temuan, postingan KFC tersebut bukan menyinggung mengenai para pengungsi dari Palestina, melainkan hanya merupakan candaan mengenai hilangnya tenda milik Otoritas Utilitas Publik Antigua (APUA).

Rujukan