(GFD-2024-19144) [SALAH] Truk Iran melintasi perbatasan ke Suriah

Sumber: Twitter.com
Tanggal publish: 17/04/2024

Berita

Truk Iran melintasi perbatasan dari Irak ke Suriah membawa berbagai jenis senjata.

Hasil Cek Fakta

Akun Twitter Eddie Fisher mengunggah sebuah foto pada tanggal 4 April 2024 mengenai truk Iran yang sedang melintasi perbatasan dari Irak ke Suriah dengan membawa berbagai jenis senjata.

Setelah dilakukan penelusuran, foto asli yang tersebut diterbitkan oleh European Pressphoto Agency yang menampilkan jalan, lanskap, orang, dan rambu yang sama di bagian depan kendaraan. Fotografer Abedin Taher Kenareh mengambil gambar tersebut pada 18 April 2019, menurut situs agensi tersebut. Foto tersebut dibagikan di samping tulisan "Perayaan Hari Tentara Nasional di Teheran."

Dalam postingan nya disebutkan bahwa truk-truk tentara Iran sedang membawa rudal mengambil bagian dalam perayaan Hari Tentara di ibu kota Teheran, menyerukan negara-negara di Timur Tengah untuk bersatu melawan Amerika Serikat. Sehingga, foto dalam unggahan akun twitter Eddie Fisher bukan foto truk Iran akan melintasi perbatasan ke Suriah, melainkan foto sebuah parade dalam perayaan Hari Tentara di Teheran pada tahun 2019.

Kesimpulan

Faktanya, foto tersebut berasal dari tahun 2019 dan menggambarkan kendaraan yang berpartisipasi dalam perayaan Hari Tentara tahunan Iran di Teheran.

Rujukan