(GFD-2023-14134) [SALAH] AKHIRNYA TERSADAR  GANJAR DAN KADER PDIP AJUKAN SURAT PENGUNDURAN DIRI DEMI DUKUNG ANIES-AMIEN

Sumber: Youtube.com
Tanggal publish: 20/11/2023

Berita

AKHIRNYA TERSADAR  GANJAR DAN KADER PDIP AJUKAN SURAT PENGUNDURAN DIRI DEMI DUKUNG ANIES-AMIEN

Hasil Cek Fakta

Akun Berita Politik pada 12 November 2023 mengunggah video yang berjudul "AKHIRNYA TERSADAR  GANJAR DAN KADER PDIP AJUKAN SURAT PENGUNDURAN DIRI DEMI DUKUNG ANIES-AMIEN". Unggahan yang berdurasi 8 menit 6 detik itu tidak menyampaikan tentang pengunduran Ganjar dan kader PDIP untuk mendukung Anies-Amin. Unggahan tersebut membahas tentang salah satu mantan anggota PDIP namun bukan Ganjar yang menjadi ketua koordinator kemenangan Anies - Amin dalam pilpres 2024.

Narasi pada unggahan tersebut adalah sebuah artikel berita dari cnnindonesia.com yang berjudul "Mantan Pengurus PDIP Jadi Ketua Koordinator Kemenangan Anies Baswedan di Aceh" pada 11 Juni 2023. Artikel tersebut berisi tentang salah satu mantan anggota PDIP menjadi koordinator tim kemenangan Anies - Amin di Provinsi Aceh. Orang tersebut adalah mantan wakil bupati Aceh tahun 2017 - 2022. Penunjukkan tersebut juga telah secara resmi ditetapkan bedasarkan Surat Keputusan Koordinator Nasional Posko Pilihan Rakyat No.01/SK-PPR/VI/2023 tentang pengangkatan pengurus posko pilihan rakyat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Ganjar dan kader PDIP mengajukan surat pengunduran diri untuk mendukung Anies-Amin. Cover dan narasi dalam unggahan tersebut telah dimanipulasi. Unggahan tersebut juga menarasikan sebuah artikel yang tidak sesuai dengan judul unggahan.

Rujukan