(GFD-2023-13161) [SALAH] Habib Rizieq Shihab Resmi Dukung Anies Baswedan Jadi Presiden

Sumber: YOUTUBE
Tanggal publish: 27/07/2023

Berita

“ALLAHU AKBAR:bangbang:RESMI DUKUNG ANIES, HABIB RIZIQ KEMBALI BAKARKAN MEDIA PENCAPRESAN”

Hasil Cek Fakta

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim mantan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, secara resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan. Habib Rizieq disebut siap untuk kembali membakar media pencapresan yang akan dilakukan 2024 mendatang.

Namun setelah menonton keseluruhan video, cuplikan pada video tidak memiliki keterkaitan dengan klaim yang dituliskan pada video. Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video juga tidak menjelaskan tentang dukungan yang diberikan Habib Rizieq kepada Anies Baswedan.

Narasi dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah oleh Seputar Tangsel, dengan judul “Habib Rizieq Dukung Anies Baswedan, Jokowi Malah Kena Sentil Refly Harun: Presiden Toleran, tapi Kenapa…”

Dalam artikel yang diunggah pada 17 Oktober 2022 menjelaskan tentang Habib Rizieq Shihab yang mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja Anies Baswedan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Kemudian, Habib Rizieq berharap ke depannya Indonesia akan dipimpin oleh seseorang yang baik, adil, serta berani dalam melawan oligarki dan menegakan hak asasi manusia (HAM).

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi tentang dukungan Habib Rizieq untuk Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Narasi dalam video berisi apresiasi dan rasa terima kasih Habib Rizieq atas kinerja Anies Baswedan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Rujukan