(GFD-2023-13138) [SALAH] NASDEM MUNDUR DUKUNG ANIES

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 26/07/2023

Berita

VIRAL ~ Anies resmi tanda tangan , partai pengusungnya angkat kaki ~ BERITA TERBARU

AKHIRNYA
NASDEM MUNDUR DUKUNG ANIES
INDONESIA BISA HANCUR KALAU DIPIMPIN ORANG SEPERTI INI

Hasil Cek Fakta

Sebuah video dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa Partai NasDem mundur dukung Anies di Pilpres 2024 beredar dari channel youtube PINTER POLITIK.

Setelah dilakukan penelusuran, dari awal hinggah akhir video tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang ditampilkan. Video tersebut hanya berisi cuplikan kegiatan Anies Baswedan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan klaim narasi.

Cuplikan video yang menampilkan pesulap Denny Darko identik dengan video unggahan channel youtube resmi Denny Darko berjudul “ANIES LANGSUNG DITETAPKAN TERSANGKA SEPULANG HAJI? AKANKAH RAMALAN DENNY INDRAYANA JADI NYATA?!” yang diunggahnya pada 26 Juni 2023.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari fajar.co.id berjudul “Ramalan Denny Darko, Ini yang akan Terjadi di Indonesia Jika Anies Terpilih Presiden RI” yang tayang pada 16 Mei 2023.

Thumbnail yang menampilkan Anies Baswedan berpelukan dengan Surya Paloh tersebut identik dengan gambar yang dimuat pada artikel detik.com berjudul “NasDem Usung Anies jadi Capres Dinilai Bukan Kejutan” yang diunggah pada 3 Oktober 2022.

Peristiwa itu berlangsung saat Partai NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024 mendatang.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi yang menyatakan NasDem mundur dukung Anies di Pilpres 2024 adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Hasli periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, isi, dan thumbnail tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi terkait NasDem mundur dukung Anies di Pilpres 2024.

Rujukan