(GFD-2023-13127) [SALAH] LONJAKAN MASSA TERBESAR SIANG INI LUMPUHKAN JAKARTA, ISTANA JOKOWI HANCUR HINGGA INI YG TERJADI!

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 24/07/2023

Berita

Akun Youtube Gajah Mada TV mengunggah video pada tanggal 23 Juli 2023 dengan judul: “LONJAKAN MASSA TERBESAR SIANG INI LUMPUHKAN JAKARTA, ISTANA JOKOWI HANCUR HINGGA INI YG TERJADI!”.

Hasil Cek Fakta

Video demontrasi yang dicuplik identik dengan aksi demonstrasi Mahasiswa Jambi yang diliput akun Youtube Tribunnews pada tanggal 11 April 2023 dengan judul: “Kesal Tak Ditemui Anggota Dewan, Aksi Demo Mahasiswa Jambi Tolak UU Cipta Kerja Berakhir Ricuh”.

Video lain yang dicuplik adalah video pada kegiatan PETISI 100 PENEGAK DAULAT RAKYAT RENFORCE POPULAR SOVEREIGNTY pada tanggal 20 Juli 2023.
Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan.

Tidak ditemukan informasi mengenai demonstrasi massa pada tanggal 23 Juli 2023 di Istana Kepresidenan seperti yang dinarasikan dalam video.

Kesimpulan

Konten yang menyesatkan. Video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai demonstrasi massa pada tanggal 23 Juli 2023 di Istana Kepresidenan seperti yang dinarasikan dalam video.

Rujukan