(GFD-2023-13126) [SALAH] INDONESIA GEMPAR ! SOEKARNO MUNCUL DI TEMPAT INI, TERNYATA MASIH HIDUP SELAMA INI

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 24/07/2023

Berita

Akun Youtube KAHURIPAN mengunggah video pada tanggal 15 Juni 2023 dengan judul: ” INDONESIA GEMPAR ! SOEKARNO MUNCUL DI TEMPAT INI, TERNYATA MASIH HIDUP SELAMA INI?!!”.

Hasil Cek Fakta

Dalam video ditampilkan beberapa foto Soekarno, diantara foto tersebut ditampilkan pula foto Soekarno yang berkumis dan berjanggut yang merupakan hasil editan. Disebutkan pula dalam video bahwa Soekarno masih hidup, berdasarkan kesaksian dari beberapa orang.

Dilansir dari artikel Kompas.com yang terbit pada tanggal 20 Mei 2022 dengan judul : “[HOAKS] Sudah 121 Tahun Soekarno Masih Hidup” disebutkan bahwa Soekarno masih hidup hingga usia 121 tahun adalah hoaks.

Faktanya, Soekarno meninggal dunia pada tanggal 21 Juni 1970 di usia 69 tahun dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan foto Soekarno yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid bahwa Soekarno masih hidup hingga saat ini.

Kesimpulan

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan foto Soekarno yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid bahwa Soekarno masih hidup hingga saat ini.

Rujukan